Tuesday, November 28, 2006

Manfaat Terong Belanda

TERONG BELANDA,
Segar dan Menyehatkan

Bentuk buahnya bulat telur dengan warna ungu atau kemerahan. Tekstur daging buahnya lunak dengan rasa asam manis. Segar dijadikan sirup, di jus atau campuran salad.


Terong belanda (Cyphomandra betacea) kaya akan provitamin A yang bagus untuk kesehatan mata dan vitamin C untuk menghobati sariawan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Mineral penting seperti potasium, fosfor dan magnesium mampu menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Serat yang tinggi di dalam terong belanda bermanfaat untuk mencegah kanker dan sembelit/konstipasi.


Terong belanda jarang dihidangkan sebagai buah meja karena rasanya yang cenderung asam. Buah ini lebih cocok jika di hidangkan dalam bentuk olahan, seperti di buat sirup, di jus atau menjadi bahan campuran salad. Budi Sutomo

12 Comments:

At 9:01 PM, Anonymous Pepy said...

Udah setahun lebih gak minum sirup terong belanda euyy

 
At 5:41 PM, Blogger asrita said...

Salam kenal..
Saya asrita dari Batam..ncc juga.
Nanya ya..kalo mo nyari bibit terong belanda ini gimana ya?

Makasih

 
At 5:39 AM, Anonymous Shasha said...

aku baru tahu bentuk terong belanda ternyata seperti itu ya?
kok beda ya sama terong2 yg sering aku beli di pasar buat lalapan? bentuknya lebih besar & enak dipegang ;)
lagian warnanya ungu...
kesukaan akyu...

 
At 3:06 AM, Blogger trisila said...

salam kenal...hubungi saya jikaanda butuh terong belanda atau bibitnya. saya juga sudah kembangkanjadiproduk juice , selai an lainya.Sumpah mati buah ini tumbuh baik di dtara tinggi Dieng 2000 m dpl. add saya di trisilajuwantara@yahoo.co.id
salam buat p budi...trimakash literaturnya..bisa kerjaama untuk penelitian atau bisnis tamarillo alias kemar alias terong belanda ini.

 
At 12:41 AM, Anonymous awana said...

allow,,,sejak pertama kenal/minum juz terong belanda,aku jadi ketagihan jd pengen teyuzz.
btw,nih...barusan ada yg ngasih buahnya,and dirumah ada yg suka jg tp lagi batuk,buleh gak yah? soalnya rasanya agak pekat2 gitu..ato mungkin buahnya harus masak bgt dulu yah..
info ya?! thx...

 
At 5:32 PM, Blogger yas kawaii said...

salam kenal...
saya salah satu mhs d slh st kmpus d bandung.
dalam TA saya, saya mengambil judul cara pembuatan selai dari terung belanda..
saya mw tanya kl maw beli selai terung belanda yang ori dmnya??ada yg tau ga..soalny mw saya pakai sebagai pembanding dalam pembuatan selai yng saya ingin ajukan sebagai TA saya...

saya sangat butuh sekali infonya..
mohon bantuan bapak..maksih...

 
At 10:40 PM, Anonymous Anonymous said...

Bijinya dibuang ga kalo dibuat jus?

 
At 6:59 AM, Blogger miscefac_taho said...

Mantap Buah terong belanda,,sy lagi bikin Lotion antioksidan dari buah terong belanda..

 
At 1:48 AM, Blogger mas heru said...

maaf mas Budi saya mau berbagi info nih buat agan2 yang pingin pesen /order terong belanda ke ane aje ye. harga 13.000/kg.terong ane hasil dari kebun di Ciwidey bandung. oya ane tinggal di Ciganjur Jaksel, hp 081542012176

 
At 2:14 AM, Blogger mas heru said...

numpang mampir mas...
bagi agan2 yang pingin ngorder terong belanda bisa lsg ke ane, harga 13.000/kg. ane tinggal di Ciganjur Jaksel, tp terong ane hasil dari kebun di Ciwidey Bandung. hp 081542012176

 
At 8:45 PM, Blogger Misnun Adelina said...

13000??g kemahalan y mas heru??

 
At 2:52 AM, Anonymous nurul inayah said...

saya butuh tanaman utuh terong belanda untuk bahan penelitian, bagaimana cara mendapatkannya? mohon bantuannya.Trims

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home