Monday, October 30, 2006

RESEP KUE JAJAN PASAR

Walaupun banyak bakery bermunculan, kue jajan pasar tak lekang dimakan jaman. Citarasanya yang khas dengan sederet nostalgia di dalamnya menjadikan makanan kecil ini tetap disuka. Seperti kue carabikang ini, rasanya yang legit terasa pas sebagai penyerta minum teh di sore hari.

Dengan sedikit ketelatenan, Anda pasti bisa membuat kue carabikang. Ikuti petunjuk resep dan cara membuatnya dengan benar. Anda pasti akan terkesima melihat hasil kue cantik dan lezat buatan Anda sendiri. Selamat Mencoba
Resep/Dapur Uji/Food Stylist: Budi Sutomo



CARABIKANG

Bahan:
350 gr tepung beras
2 sdm tepung terigu
850 ml santan kental dari 1 1/2 butir kelapa
150 g gula pasir
1/4 sdt garam halus
1/2 sdt pasta pandan/pewarna hijau
1/2 sdt pasta cokelat/pewarna cokelat
minyak goreng untuk olesan

Cara Membuat:
1. Larutkan 3 sdm tepung beras dengan 200 ml santan. didihkan sambil diaduk hingga mendidih dan mengental. Angkat.

2. Masukkan gula, garam, tepung terigu dan sisa tepung beras ke dalam rebusan tepung. Aduk rata.
3. Uleni sambil dituangi sisa santan sedikit demi sedikit. Tepuk-tepuk adonan dengan telapak tangan selama 40 menit atau hingga adonan terasa ringan. Diamkan selama 1 jam.
4. Ambil sedikit adonan, tempatkan di dua mangkuk berbeda, tambahkan pasta pandan dan pasta cokelat. Aduk rata.
5. Panaskan cetakan carabikang, olesi sedikit miyak. Tuang adonan hingga setengah dari tinggi cetakan. Beri motif dengan adonan berwarna hijau atau cokelat di atasnya. Panggang tanpa ditutup hingga matang.
6. Cungkil bagian sisinya hingga kue merekah, angkat. Hidangkan hangat.
Untuk 20 buah

Tip:

Untuk variasir rasa kue cara bikang bisa disajikan hangat dengan parutan keju atau susu kental manis.

7 Comments:

At 12:48 AM, Anonymous Anto said...

sumpe deh, bikin ngiler nih,
mau donk mas
:b_

 
At 4:43 AM, Blogger rita bellnad said...

Csrabikaaang !!! kamu kok menantang banget buat dimakan heheheh... duh ini jajanan favorite ku neh Bud, sayang tempatnya jaoh

 
At 11:06 PM, Blogger tie said...

Aduh mas... tie juga ngiler abis nih tapi sayang ga punya cetakannya kalo mo bikin...

 
At 6:32 AM, Blogger agnes said...

mas, apa bener tepung beras yang dipake harus tumbukan baru biar hasilnya lebih baik (berserat)?

 
At 6:01 AM, Anonymous Anonymous said...

Resep-2 nya sgt menggiurkan dan patut untuk dicoba...

 
At 9:23 PM, Blogger viki andrianto said...

wah enak banget tuh kayanya...

kang minta resep yang lainnya ya...^_^

nanti kabari saya y...

thanks...^_^

 
At 9:31 PM, Blogger viki andrianto said...

emang jajanan pasar ga kalah deh ma makanan yang populer sekarang..

hidup jajanan pasar...!!!!

^_^

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home