Tuesday, July 11, 2006

SEGARNYA (resep) ES KELAPA SELASIH




Panas terik gini memang enak jika minum es kelapa muda, apalagi jika di tambah biji selasih. Hmm segarnya..... Jangan beli, bikin saja sendiri, lebih segar dan bersih tentunya.
Resep: Budi Sutomo

ES KELAPA SELASIH


BAHAN:
400 gr daging kelapa muda, keruk dengan sendok
1/2 sdm biji selasih
600 ml air kelapa muda
400 ml air matang dingin
es batu secukupnya
Sirup Gula:
150 gr gula pasir
50 gr gula merha
250 ml air
1 lembar daun pandan

CARA MEMBUAT:
** Rendam biji selasih dengan air dingin matang hingga menggembang. Tiriskan, sisihkan. Ditempat terpisa, campur air dengan air kelapa, dinginkan dalam kulkas.

** Sirup Gula: Campur gula pasir, gula merah dan daun pandan dengan air. Masak hingga mendidih dan kental. Angkat, saring, dinginkan.
** Penyelesaian: Siapkan gelas saji, tuang sirup gula, kelapa muda, biji selasih dan tuang campuran air kelapa dan air matang. Sesaat sebelum di sajikan tambahkan potonganh es batu di atasnya. Hidangkan segera.
Untuk 5 Porsi



TIPS:
1. Pilih daging kelapa muda agar tekstur lebih lembut.


2. Jangan menyimpan air kelapa muda dalam suhu ruang karena akan berasa asam. Simpan dalam lemari pendingin.


3. Untuk variasi, isi bisa diganti potongan buah-buahan, cendol, sagu mutiara atau nata de coco.

2 Comments:

At 12:57 AM, Anonymous Anonymous said...

aku baru nemu blognya nih, langsung suka, karena resep makanannya memperhatikan kandungan bahan makanannya. puding labunya akan aku coba untuk babyku.thanks. Kelapa campur selasih udah lama muter-muter diotakku, tapi blm aku coba, suamiku suka sekali selasih, hari ini aku coba ah untuk berbuka, kebetulan sekali nemu resepnya, tapi aku prefer nggak pake gula> Mas mgkn wkt ke thai nyoba kelapa muda disanakan? udah manis tanpa gula

 
At 7:03 AM, Blogger Wulan said...

Mas.. resep es buah ada gak ya mas?? Makasi ya :)

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home