Friday, May 05, 2006

MANFAAT RUMPUT LAUT, CEGAH KANKER DAN ANTIOKSIDAN



RUMPUT LAUT BAHAN PANGAN LEZAT MULTI KHASIAT
Penulis: Budi Sutomo


Trend gaya hidup sehat dengan pola makan tinggi serat semakin membudaya di masyarakat kita. Karenanya rumput laut sebagai “ratu serat” juga semakin menanjak popularitasnya. Tak Cuma itu, khasiatnya yang beragam semakin menambah daya tarik tanaman dari dasar samudera ini.


SEKILAS TENTANG RUMPUT LAUT

Sebagai bahan pangan, rumput laut telah dimanfaatkan bangsa Jepang dan Cina semenjak ribuan tahun yang lalu. Sebenarnya apa rumput laut itu?. Rumput laut merupakan tumbuhan laut jenis alga, masyarakat Eropa mengenalnya dengan sebutan seaweed. Tanaman ini adalah gangang multiseluler golongan divisi thallophyta. Berbeda dengan tanaman sempurna pada umumnya, rumput laut tidak memiliki akar, batang dan daun. Jika kita amati jenis rumput laut sangat beragam, mulai dari yang berbentuk bulat, pipih, tabung atau seperti ranting dahan bercabang-cabang.
Rumput laut biasanya hidup di dasar samudera yang dapat tertembus cahaya matahari. Seperti layaknya tanaman darat pada umumnya, rumput laut juga memiliki klorofil atau pigmen warna yang lain. Warna inilah yang menggolongkan jenis rumput laut. Secara umum, rumput laut yang dapat dimakan adalah jenis ganggang biru (cyanophyceae), ganggang hijau (chlorophyceae), ganggang merah (rodophyceae) atau ganggang coklat (phaeophyceae).

HASIL OLAH RUMPUT LAUT
Beragam hasil olah rumput laut dapat dijumpai di pasaran, mulai dari yang kering, bubuk maupun yang segar. Berikut beberapa diantaranya:

Nori:
Nori dibuat dari rumput laut yang dihaluskan. bubur rumput laut ini kemudian dihamparkan dengan ketebalan yang sangat tipis. Proses selanjutnya dikeringkan sehingga bentuknya lembaran menyerupai kertas. Nori banyak digunakan pada masakan Jepang, mulai dari pembungkus sushi, udang gulung atau rollade goreng. Pilih nori yang lentur, kering dan warnanya hitam mengkilat.

Kombu dan Wakame
Sejenis ganggang laut yang dikeringkan. Kombu adalah bahan dasar membuat kaldu pada masakan Jepang. Setelah direbus kuahnya untuk kaldu dan kombunya digunakan untuk isi soup, salad atau tumisan. Sedangkan wakame, bentuknya hampir menyerupai kombu, biasanya digunakan untuk campuran salad, isi soup atau campuran mie. jangan merebus wakame lebih dari satu menit untuk mendapatkan citarasa yang maksimal.

Manisan Rumput Laut
Diperoleh dari rumput laut segar, kemudian dicuci, direbus dan diolah dengan larutan gula sebagai pengawetnya. Citarasanya menyegarkan dan teksturnya kenyal juga renyah, sangat cocok untuk campuran es, pudding dan aneka dessert.

Agar-agar
Proses membuat agar-agar sangat panjang. Tahap pertama pemilihan jenis rumput laut yang akan digunakan, yaitu jenis gracilaria sp atau gelidium sp. Slanjutnya proses pemecahan dinding sel, pemasakan(ekstrasi) sampai pada pengeringan. Dipasaran banyak dijumpai agar-agar dalam aneka bentuk, baik yang batangan maupun serbuk.

GIZI TERKANDUNG DAN MANFAATNYA

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa rumput laut adalah bahan pangan berkhasiat, berikut beberapa diantaranya:

Antikanker
Penelitian Harvard School of Public Health di Amerika mengungkap, wanita premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Hal ini disebabkan pola makan wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu mereka.

Antioksidan
Klorofil pada gangang laut hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Mencegah Kardiovaskular
Para Ilmuwan Jepang mengungkap, ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bagi pengidap stroke, mengkonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh.

Makanan Diet
Kandungan serat(dietary fiber) pada rumput laut sangat tinggi. Serat ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita obesitas. Karbohidratnya juga sukar dicerna sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan. Budi Sutomo

14 Comments:

At 2:13 AM, Anonymous isnaini said...

Tulisan bagus. Tapi, nyontek dari mana ya?

 
At 2:23 AM, Blogger Budi Sutomo, S.Pd said...

ya ampyun, hari gini nyontek. nggalah, wartawan profesional gitu lhoh. paling ngga bangga kalau nyontek, rasanya jadi gemana gitu. ada beban yang tak terampuni.........

 
At 9:32 PM, Anonymous Anonymous said...

baguuss om! bwat bahan MOS bsok niy..thx yup!

 
At 1:21 AM, Blogger nama saya lindung said...

eh....terimaksih...
kami tlaH mDapatkan Ilham uNtuk Karya
ILMIAH.....
thankyu OOm

 
At 12:45 PM, Anonymous puri said...

tertarik dengan rumput laut, kunjungi www.rumputlaut.org

 
At 10:00 PM, Anonymous Anonymous said...

Manfaat Rumput laut harus terus disosialisasikan... terlebih-lebih produksinya dari dalam negeri harus ditingkatkan untuk mengembangkan ekonomi nelayan atau budidaya rumput laut di Indonesia. rumputlaut.blog.com.

 
At 6:06 AM, Anonymous a2i3s said...

Mampir OM, sambil nyruput sup rumput laut niy, hehe... salam kenal ya! :)

 
At 11:44 PM, Blogger suardana said...

di mana saya bisa mendapatkan bahan yang menunjang berupa bacaan2 yang mendukung untuk melaksanakan penelitian tentang rumput laut? thanks

 
At 7:28 AM, Anonymous Anonymous said...

Rumput laut yg putih enak juga dinikmati bersama yoghurt.

 
At 3:02 AM, Anonymous Anonymous said...

Boleh tanya nama ganggang laut yang bisa dimakan apa aja ya?? thanks

 
At 12:31 AM, Anonymous salikin said...

Pemanfatan rumput laut sebenarnya lebih banyak dari itu, yang ingin berbagi pengetahuan tentang rumput laut, ayo shering di blogku..trims

 
At 8:50 AM, Anonymous ilma said...

salam kenal Pak, tulisannya bagus dan bermanfaat, minta ijin share di blog saya ya Pak.. terimakasih :)

 
At 1:04 AM, Anonymous Anonymous said...

Info.x sangat berguna tq..om

 
At 1:18 AM, Anonymous obat mata herbal said...

buat ap aj rumput laut y??

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home