MENGAPA GARAM DAPAT MENINGKATKAN RISIKO PENYAKIT DARAH TINGGI ? DIET PENYAKIT HIPERTENSI

 


Pengaruh Garam Terhadap Tekanan Darah

Garam sering dijadikan kambing hitam meningkatnya tekanan darah oleh sebagian besar masyarakat. Anggapan ini bisa jadi dilatarbelakangi karena garam hampir selalu digunakan dalam masakan Indonesia. Akibatnya, masyarakat langsung menjauhi konsumsi garam ketika tekanan darah meningkat. Padahal, garam tidak memberikan pengaruh seburuk itu terhadap kesehatan.

Garam dapur mengandung natrium yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi tubuh. Natrium berfungsi mengatur volume darah, tekanan darah, kadar air, dan fungsi sel. Tetapi konsumsi garam sebaiknya tidak berlebihan. Asupan garam berlebihan terus menerus tentu akan memicu keluhan darah tinggi. Tubuh hanya membutuhkan natrium sebanyak 500 mg per hari. Sedangkan konsumsi garam rata-rata harian orang Indonesia sekitar 30-40 gram. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan komsumsi garam harian orang Amerika yang hanya 6-18 gram.

Ginjal akan menahan natrium saat tubuh kekurangan natrium. Sebaliknya saat kadar natrium di dalam tubuh tinggi, ginjal akan mengeluarkan kelebihan tersebut melalui urin. Apabila fungsi ginjal tidak optimal, kelebihan natrium tidak bisa dibuang dan menumpuk di dalam darah. Volume cairan tubuh akan meningkat dan membuat jantung dan pembuluh darah bekerja lebih keras untuk memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh. Tekanan darah pun akhirnya meningkat. Inilah yang terjadi pada penderita hipertensi.

Selama konsumsi garam tidak berlebihan dan sesuai kebutuhan, kondisi pembuluh darah akan baik. Ginjal pun berfungsi baik. Proses kimiawi dan faali tubuh tetap berjalan normal, tidak mengalami gangguan.

Garam tidak bisa selalu disalahkan pada kasus naiknya tekanan darah. Pada orang sehat maupun penderita hipertensi, tingginya konsumsi garam hanya sedikit sekali bahkan tidak ada pengaruhnya terhadap tekanan darah. Sementara, ada orang yang secara genetik sensitif terhadap asupan natrium. Terlalu banyak natrium yang masuk membuat tekanan darah langsung meningkat, bahkan memicu hipertensi. Budi Sutomo.

KUMPULAN RESEP

BELAJAR MASAK GRATIS

BELANJA ALAT KUE MURAH

BELANJA AMAN COD SERBA DISKON   

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK DAN CETAKAN KUE 

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

EUPHORBIA, Bunga Cantik Pembawa Hoki

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas