TIP SUKSES PEMASARAN DAN PROMOSI USAHA KUE DAN MAKANAN

 

PEMASARAN DAN PROMOSI

       Keberhasilan wirausaha kue jajan pasar sangat dipengaruhi kejelian produsen di dalam melakukan strategi promosi dan pemasaran. Berawal dari manajemen yang baik ini maka suatu perasahan bisa berjalan dengan baik.

1. Pemasaran      

       Salah satu kunci suksesnya wirausaha kue jajan pasar sistem manajemen, termasuk di dalamnya metode pemasaran yang tepat.  Kue jajan pasar bisa dipasarkan secara langsung di dalam toko yang sekaligus sebagai tempat produksi, dititipkan di toko-toko/supermarket, bazar makanan, pameran makanan atau dipasarkan keliling. Masing-masing metode pemasaran ini memerlukan strategi pemasaran yang berbeda.  Apapun metode penjualanya, hal yang terpenting adalah kualitas produk harus baik, harga terjangkau dan ketersediaan produk selalu ada sehingga konsumen tidak kecewa karena produk yang akan dibeli sudah tidak tersedia.

       Salah satu pertimbangan konsumen memutuskan membeli suatu produk sangat dipengaruh oleh harga dari produk. Tentukan harga jual yang wajar dan bersaing dengan harga produk sejenis yang ada di pasaran.  Jangan mematok harga terlalu mahal karena orang akan lari ke produk kompetitor yang harganya lebih murah. Variasi jenis dan bentuk kue jajan pasar, inovasi ini bertujuan agar konsumen tidak bosan dengan pilihan kue yang itu-itu saja. Selalu menjaga kualitas produk, jangan sampai ada produk kedaluarsa, apek, busuk atau berjamur. Ingat, sekali konsumen membeli produk rusak, selamanya ia akan ingat dan tidak akan membeli produk itu lagi. Karenanya selalu jaga kualitas produk selalu prima.

Tip Sukses Pemasaran

  • Utamakan kualitas, konsumen selalu menyukai produk yang berkualitas tinggi. Kualitas kue jajan pasar biasanya diukur dari rasa yang enak, warna yang menarik, aroma yang khas serta tekstur yang sesuai dengan jenis kuenya.
  • Tentukan target konsumen, apakah kelas atas, menengah ke atas atau bawah. Kelas menengah ke atas menyukai produk berkualitas tinggi, kemasan yang ekslusif dan biasanya harga tidak menjadi masalah. Kelas menengah kebawah lebih menyukai kue jajan pasar dengan harga lebih murah, kemasan tidak terlalu menjadi masalah namun kualitas produk tetap baik.
  • Selain segmen umum, yaitu masarakat luas, segmen khusus seperti kerja sama dengan industri katering, restoran, hotel, biro perjalanan dan momen khusus seperti perkawinan dan selamatan perlu dibidik. Walaupun tidak selalu ada, segmen ini biasanya menyerap produk dalam jumlah besar dan meningkatkan pendapatan secara umum.
  • Variasi produk, baik bentuk, rasa dan isinya harus banyak sehingga konsumen tidak bosan dan banyak pilihan. Lakukan selalu inovasi baru untuk pengembangan produk.
  • Tentukan harga penjualan yang wajar dan sesuai segmen pasarnya. Harga yang terlalu tinggi akan memberatkan konsumen untuk membeli sehingga daya serap produk sedikit.
  • Bidik momen kusus, seperti adanya festival makanan maupun pameran makanan. Selain sebagai ajang promosi, penjualan dalam momen kusus ini biasanya menyerap produk dalam jumlah banyak. Meskipun momenya singkat namun sangat berpengaruh terhadap pendapatan secara keseluruhan.
  • Ketersediaan produk harus selalu ada dan dalam jumlah yang cukup. Konsumen akan kecewa jika produk yang akan dibeli sudah tidak ada atau dalam jumlah yang tidak mencukupi. Perhatikan pola belanja masarakat, biasanya di hari-hari raya atau tanggal muda biasanya produksi harus diperbanyak karena perminaan tinggi.
  • Jika produk kue jajan pasar dipasarkan di dalam toko kue sendiri. Perhatikan letak showroom, toko harus mudah di jangkau, tersedia tempat parkir yang memadai dan bersih. Produk harus di tata rapi sehingga menimbulkan kesan menarik.
  • Pelayanan yang ramah, sopan dan sehat di dalam toko pemasaran juga mempengaruhi penjualan. Selalu tanamkan etiket yang baik kepada pekerja, terutama bagian penjualan/pelayan toko. Selalu mengingat falsafah bahwa pembeli adalah raja.
  • Pengelolaan manajemen yang  baik sangat menentukan kelangsungan sebuah perusahaan. Perusahaan yang tidak dikelola dengan baik bisa menyebabkan kebangkrutan.

2. Promosi

       Promosi produk kue jajan pasar bisa dilakukan dengan beragam cara, tujuannya hanya satu, agar produk dikenal orang dan laku dipasaran. Bagaimanapun bagusnya sebuah produk, tanpa promosi biasanya akan kurang dikenal masarakat dan dampaknya produk tidak dikenal dan berpengaruh terhadap omset penjualan. Promosi sangat penting terutama jika produksi kue jajan pasar yang diproduksi sudah bersekala besar. Promosi untuk meningkatkan penjualan bisa dilakukan dengan beriklan di media cetak, elektronik, pemasangan sepanduk, leaflet maupun brosur. Ajang pameran makanan dan festival makanan juga bisa menjadi ajang promosi yang relatif murah karena biasanya disertai dengan penjualan produk. Promosi atau publisitas sebaiknya dilakukan secara rutin setiap 6 bulan sekali agar konsumen selalu ingat dengan produk kita.

       Program diskon bisa menjadi sarana promosi yang efektif. Promosi dari mulut ke mulut biasanya cepat menyebar ketika suatu toko sedang melakukan program diskon. Jangan pernah menurunkan kualitas produk ketika sedang menjalani program diskon. Pembeli akan kapok karena merasa diakali dan pastinya akan memberi daftar merah terhadap produk yang tidak akan dibeli karena sudah merasa ditipu.

       Di era serba digital ini, promosi produk makanan seperti kue jajan pasar dengan media internet terbukti efektif. Selain dananya murah, iklan ini sifatnya tanpa batas dan bisa diakses siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Saat ini banyak provider yang menyediakan jasa website, mulai dari yang bayar hingga gratisan seperti blog atau milis. Dengan website kita bisa memajang produk kita. Perlu diperhatikan jika berpromosi melalui website, pertama produk harus disertai alamat toko tempat menjual produk, harga, foto produk serta keterangan tentang isi dan bahan kue jajan pasar yang ditawarkan agar konsumen bisa memilih produk yang akan dibeli. Website juga bisa melayani penjualan secara online.

KUMPULAN RESEP

BELAJAR MASAK GRATIS

BELANJA ALAT KUE MURAH

BELANJA AMAN COD SERBA DISKON 

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

Manfaat Terong Belanda

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

Mengenal Aneka Potongan Sayuran dalam Seni Kuliner - ILMU TATA BOGA - KENALI POTONGAN SAYURAN SEBELUM MASAK - PENGETAHUAN DASAR MENJADI CHEF