PEMASARAN DAN PROMOSI
Keberhasilan wirausaha kue jajan pasar sangat dipengaruhi kejelian produsen di dalam melakukan strategi promosi dan pemasaran. Berawal dari manajemen yang baik ini maka suatu perasahan bisa berjalan dengan baik.
1.
Pemasaran
Salah
satu kunci suksesnya wirausaha kue jajan pasar sistem manajemen, termasuk di
dalamnya metode pemasaran yang tepat.
Kue jajan pasar bisa dipasarkan secara langsung di dalam toko yang
sekaligus sebagai tempat produksi, dititipkan di toko-toko/supermarket, bazar
makanan, pameran makanan atau dipasarkan keliling. Masing-masing metode
pemasaran ini memerlukan strategi pemasaran yang berbeda. Apapun metode penjualanya, hal yang
terpenting adalah kualitas produk harus baik, harga terjangkau dan ketersediaan
produk selalu ada sehingga konsumen tidak kecewa karena produk yang akan dibeli
sudah tidak tersedia.
Salah satu pertimbangan konsumen memutuskan membeli suatu produk sangat dipengaruh oleh harga dari produk. Tentukan harga jual yang wajar dan bersaing dengan harga produk sejenis yang ada di pasaran. Jangan mematok harga terlalu mahal karena orang akan lari ke produk kompetitor yang harganya lebih murah. Variasi jenis dan bentuk kue jajan pasar, inovasi ini bertujuan agar konsumen tidak bosan dengan pilihan kue yang itu-itu saja. Selalu menjaga kualitas produk, jangan sampai ada produk kedaluarsa, apek, busuk atau berjamur. Ingat, sekali konsumen membeli produk rusak, selamanya ia akan ingat dan tidak akan membeli produk itu lagi. Karenanya selalu jaga kualitas produk selalu prima.
Tip
Sukses Pemasaran
- Utamakan
kualitas, konsumen selalu menyukai produk yang berkualitas tinggi.
Kualitas kue jajan pasar biasanya diukur dari rasa yang enak, warna yang
menarik, aroma yang khas serta tekstur yang sesuai dengan jenis kuenya.
- Tentukan target
konsumen, apakah kelas atas, menengah ke atas atau bawah. Kelas menengah
ke atas menyukai produk berkualitas tinggi, kemasan yang ekslusif dan
biasanya harga tidak menjadi masalah. Kelas menengah kebawah lebih
menyukai kue jajan pasar dengan harga lebih murah, kemasan tidak terlalu
menjadi masalah namun kualitas produk tetap baik.
- Selain segmen
umum, yaitu masarakat luas, segmen khusus seperti kerja sama dengan
industri katering, restoran, hotel, biro perjalanan dan momen khusus
seperti perkawinan dan selamatan perlu dibidik. Walaupun tidak selalu ada,
segmen ini biasanya menyerap produk dalam jumlah besar dan meningkatkan
pendapatan secara umum.
- Variasi produk,
baik bentuk, rasa dan isinya harus banyak sehingga konsumen tidak bosan
dan banyak pilihan. Lakukan selalu inovasi baru untuk pengembangan produk.
- Tentukan harga
penjualan yang wajar dan sesuai segmen pasarnya. Harga yang terlalu tinggi
akan memberatkan konsumen untuk membeli sehingga daya serap produk
sedikit.
- Bidik momen
kusus, seperti adanya festival makanan maupun pameran makanan. Selain
sebagai ajang promosi, penjualan dalam momen kusus ini biasanya menyerap
produk dalam jumlah banyak. Meskipun momenya singkat namun sangat
berpengaruh terhadap pendapatan secara keseluruhan.
- Ketersediaan
produk harus selalu ada dan dalam jumlah yang cukup. Konsumen akan kecewa
jika produk yang akan dibeli sudah tidak ada atau dalam jumlah yang tidak
mencukupi. Perhatikan pola belanja masarakat, biasanya di hari-hari raya
atau tanggal muda biasanya produksi harus diperbanyak karena perminaan
tinggi.
- Jika produk kue
jajan pasar dipasarkan di dalam toko kue sendiri. Perhatikan letak
showroom, toko harus mudah di jangkau, tersedia tempat parkir yang memadai
dan bersih. Produk harus di tata rapi sehingga menimbulkan kesan menarik.
- Pelayanan yang
ramah, sopan dan sehat di dalam toko pemasaran juga mempengaruhi
penjualan. Selalu tanamkan etiket yang baik kepada pekerja, terutama
bagian penjualan/pelayan toko. Selalu mengingat falsafah bahwa pembeli
adalah raja.
- Pengelolaan manajemen yang baik sangat menentukan kelangsungan sebuah perusahaan. Perusahaan yang tidak dikelola dengan baik bisa menyebabkan kebangkrutan.
2.
Promosi
Promosi produk kue jajan pasar bisa dilakukan dengan beragam cara,
tujuannya hanya satu, agar produk dikenal orang dan laku dipasaran.
Bagaimanapun bagusnya sebuah produk, tanpa promosi biasanya akan kurang dikenal
masarakat dan dampaknya produk tidak dikenal dan berpengaruh terhadap omset
penjualan. Promosi sangat penting terutama jika produksi kue jajan pasar yang
diproduksi sudah bersekala besar. Promosi untuk meningkatkan penjualan bisa
dilakukan dengan beriklan di media cetak, elektronik, pemasangan sepanduk,
leaflet maupun brosur. Ajang pameran makanan dan festival makanan juga bisa
menjadi ajang promosi yang relatif murah karena biasanya disertai dengan
penjualan produk. Promosi atau publisitas sebaiknya dilakukan secara rutin
setiap 6 bulan sekali agar konsumen selalu ingat dengan produk kita.
Program diskon bisa menjadi sarana promosi yang efektif. Promosi dari
mulut ke mulut biasanya cepat menyebar ketika suatu toko sedang melakukan
program diskon. Jangan pernah menurunkan kualitas produk ketika sedang
menjalani program diskon. Pembeli akan kapok karena merasa diakali dan pastinya
akan memberi daftar merah terhadap produk yang tidak akan dibeli karena sudah
merasa ditipu.
Di
era serba digital ini, promosi produk makanan seperti kue jajan pasar dengan
media internet terbukti efektif. Selain dananya murah, iklan ini sifatnya tanpa
batas dan bisa diakses siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Saat ini banyak
provider yang menyediakan jasa website, mulai dari yang bayar hingga gratisan
seperti blog atau milis. Dengan website kita bisa memajang produk kita. Perlu
diperhatikan jika berpromosi melalui website, pertama produk harus disertai
alamat toko tempat menjual produk, harga, foto produk serta keterangan tentang
isi dan bahan kue jajan pasar yang ditawarkan agar konsumen bisa memilih produk
yang akan dibeli. Website juga bisa melayani penjualan secara online.