27 JENIS BUMBU MASAKAN INDONESIA DAN MASAKAN PADANG WAJIB TAU

DAUN RUKU RUKU 

MENGENAL ANEKA BUMBU MASAKAN PADANG

Masakan padang memiliki beberapa jenis bumbu yang khas. Kenali jenis dan penggunaan bumbu agar kualitas rasa masakan prima.

Daun Ruku-Ruku

Bumbu daun yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan padang. Bentuknya daund an aromanya menyerupai daun kemangi. Memberikan aroma segar dan mengurangi rasa amis pada masakan. Biasanya ditambahkan pada olahan ikan, udang, daging maupun ayam. Biasanya digunakan dalam bentuk segar, pilih daun mudanya, cuci bersih. Masukkan ke dalam masakan beberapa saat sebelum hidangan diangkat.

Daun Kunyit

Pilih daun kunyit yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Remas dan simpulkan atau potong kasar sebelum digunakan agar aroma khas daun kunyit keluar.

Daun Jeruk Purut

Buang tulang bagiang tengah daun jeruk dan remas agar daun memar sebelum digunakan sebagai bumbu masakan padang. Dengan cara ini, aroma wangi daun jeruk akan lebih tajam.

Daun Mangkokan

Aroma yang khas daun mangkokan membuat masakan seperti gulai otak atau gulai ikan tidak beraroma amis. Gunakan daun mangkokan yang tidak terlalu tua. Iris halus atau potong kasar sebelum digunakan. 

Daun Kari

Bumbu ini memberi aroma harum pada masakan berkuah santan seperti gulai, kari, tumisan daging atau sayur bekuah kaldu. Daun kari memberi cita rasa haum dan gurih. Daun ini juga menghilangkan aroma amis pada hidangan laut atau bau prengus pada daging kambing. Di pasaran dijual dalam bentuk segar dan bubuk. Gunakan 3 - 5 lembar setiap satu liter cairan.

Kunyit

Agar bumbu lebih harum dan tidak beraroma mentah, Sebelum digunakan sebagai, kunyit sebaiknya di bakar dan terlebih dahulu sebelum dihaluskan. Pilih kunyit yang tua agar aroma dan warna lebih tajam.

Lengkuas

Lengkuas sebaiknya dikupas dan dimemarkan sebelum digunakan sebagai bumbu. Pilih lengkuas yang tidak terlalu muda agar aromanya lebih sedap.

Serai

Bumbu yang berasa dari batang tanaman. Guankan batang serai yang berwarna putih. Memarkan atau iris kasar sebelum digunakan sebagai bumbu. Aroma segar jahe memberikan cita rasa khas pada masakan.

KAYU MANIS

Kayu Manis

Kayu manis biasanya digunakan utuh maupun berupa bubuk. Pilih batang kayu manis yang berwarna cokelat mengkilat. Patahkan sebelum digunakan agar aroma wangi kayu manis keluar.

Cengkih

Biasanya digunakan dalam keadaan utuh. Pilih cengkih yang berkualitas baik, yaitu warnanya hitam mengkilat dan bentuknya utuh.

Ketumbar

Sangrai hingga harum sebelum ketumbar dihaluskan dan digunakan sebagai bumbu. Dengan disangrai, aroma ketumbar lebih harum dan masakan lebih lezat.

Lada

Sepintas mirip bentuknya dengan ketumbar namun butirannya lebih padat. Digunakan dalam bentuk bubuk maupun ditumbuk kasar. Memberikan rasa pedas yang khas pada masakan padang.

Jintan

Jintan adalah bumbu dari biji. Bentuknya seperti gabah padi namun lebih kecil. Sangrai selelum dihaluskan dan digunakan sebagai bumbu agar aroma masakan lebih harum.

Adas

Bumbu dari biji. Bentuknya menyerupai jintan. Berfungsi memberi aroma harum pada masakan. Sangrai dan haluskan sebelum digunakan sebagai bumbu.

Asam Kandis

Asam kandis adalah asam yang terbuat dari kulit buah sejenis  jeruk limau yang dikeringkan. Warnanya kehitaman dan memberikan cita rasa asam pada masakan.

Asam Gelugur

Meskipun namanya asam, bumbu ini terbuat dari buah sejenis jeruk keprok yang diiris melintang dan dikeringkan. Tambahkan beberapa potong dalam masakan untuk memperoleh cita rasa asam.

Kapulaga

Bumbu yang berasal dari biji. Gunakan utuh atau diambil bijinya dan dihaluskan beserta bumbu-bumbu yang lain. Kapulaga memeberikan aroma yang harum dan khas pada masakan. Dijiual dalam bentuk biji kering dengan kulitnya.

Kemiri

Biji kemiri memberikan rasa yang gurih pada masakan bersantan. Goreng dan haluskan sebelum digunakan sebagai bumbu agar tidak beraroma mentah.

Kas-kas

Bumbu ini akan meningkatkan rasa gurih, memberi efek rasa kental dan gurih seperti kemiri pada hidangan berkuah santan. Kas-kas juga memberikan sedikit sentuhan rasa pedas. Selain varietas putih, kas-kas juga ada yang berwarna hitam.

KALBET

Klabet

Bumbu ini banyak dipakai sebagai bumbu masakan gulai, kari dan kalio. Sangrai dan haluskan sebelum dipakai agar aroma klabet lebih harum.

Pala

Bumbu yang berasal dari biji. Haluskan sebelum digunakan. Aroma wangi pala dapat mengurangi aroma amis pada masakan daging, ikan maupun ayam.

PEKAK ATAU BUNGA LAWANG

Bunga Lawang

Sering disebut sebagai pekak atau star anise. Dijual dalam bentuk utuh maupun bubuk. Penggunaanya ditambahkan dalam bentuk bubuk atau utuh pada masakan berkuah santan.

Jahe

Jahe memberikan aroma wangi dan cita rasa agak pedas. Bakar sebelum digunakan agar aroma lebih wangi. Digunakan dalam bentuk bubuk atau segar. Jahe segar biasanya dimemarkan sebelum digunakan sebagai bumbu.

Belimbing Wuluh

Buah belimbing wuluh memberikan rasa asam segar dalam masakan. Potong-potong sebelum digunakan. Masakan padang juga sering menggunakan asam sunti, yaitu buah belimbing wuluh yang dikeringkan.

Daun Salam

Masakan berkuah santan dan pepes sangat cocok menggunakan daun salam sebagai bahan bumbunya. Aroma wangi daun salam sangat khas dan menggugah selera. Digunakan dalam bentuk segar atau kering.

Daun Kemangi

Daun kemangi segar memberikan aroma segar pada masakan. Daun kemangi juga dapat mengurangi aroma amis pada masakan ikan, udang dan ayam. Digunakan dalam bentuk segar.

Jeruk Limau

Jeruk limau memiliki aroma wangi yang khas pada masakan dan sambal. Potong dan peras air jeruk limau, campur ke dalam masakan.

KUMPULAN RESEP

BELAJAR MASAK GRATIS

BELANJA ALAT KUE MURAH

BELANJA AMAN COD SERBA DISKON   

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

EUPHORBIA, Bunga Cantik Pembawa Hoki

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas