TIP DAN MENGENAL BAHAN DASAR KALDU YANG LEZAT DAN HARUM

 


Kaldu, Kunci Kelezatan Masakan

Kunci kelezatan sup dan soto terletak pada kaldunya, karena bahan utama hidangan berkuah ini adalah cairan. Selain air, susu, dan santan, cairan yang digunakan sebagai bahan kuah sup dan soto adalah kaldu. Kaldu untuk sup dan soto ada beberapa jenis, seperti kaldu daging, kaldu ayam, kaldu ikan, dan kaldu udang. Bahan dasar kaldu yang berbeda memerlukan kiat khusus yang berbeda pula agar kaldu yang dihasilkan, jernih, harum, dan lezat. 

Kaldu dasar untuk sup dan soto Indonesia lebih simpel karena biasanya hanya ditambahkan potongan batang seledri dan batang bawang pada rebusan kaldu. Setelah kaldu disaring baru digunakan sebagai bahan dasar sup atau soto dengan tambahan bumbu-bumbu sesuai resep. Berbeda dengan pakem kaldu Eropa yang lebih banyak menggunakan campuran bumbu dan rempah pada kaldu dasar.

Bahan Dasar Kaldu

Air

Air digunakan sebagai bahan dasar kaldu. Syarat air yang baik untuk kaldu adalah tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, dan tidak mengandung mikroorganisme berbahaya. Untuk mendapatkan kaldu yang lezat dan harum sebanyak 2 liter, diperlukan 3 liter air dan 2 kilogram karkas (campuran daging dan tulang sapi, ayam, atau ikan).

Karkas Daging

Untuk membuat kaldu daging sebaiknya gunakan karkas daging atau tulang daging yang masih ada dagingnya. Karkas ini dicuci bersih sebelum digunakan, lalu dipotong kecil-kecil agar sari tulang dan daging dapat terekstrak maksimal sehingga rasa kaldu lebih lezat.

Karkas Ayam

Kaldu ayam dibuat dari karkas ayam, yaitu campuran tulang berdaging yang dipotong kecil-kecil. Bagian sayap dan kaki juga cocok dijadikan bahan dasar kaldu ayam. Kaki dan sayap dimemarkan atau dipotong-potong terlebih dahulu agar sari ayam dapat terekstrak maksimal.  Jangan menggunakan lemak, kulit ayam, dan jeroan sebagai bahan dasar kaldu karena akan membuat kaldu menjadi keruh, berlemak, dan aroma tidak enak.

Karkas Ikan

Tulang ikan dan bagian kepala ikan adalah bahan utama kaldu ikan. Gunakan tulang ikan yang masih ada sisa daging yang menempel di tulang-tulang agar kaldu lebih lezat. Potong-potong bagian tulang dan daging ikan sebelum digunakan sebagai bahan dasar kaldu.

Bouquet Garni

Kaldu untuk masakan Eropa biasanya menambahkan bouquet garni. Bouquet garni adalah bumbu dan rempah yang terdiri dari batang seledri besar (celery), thyme, bay leaf, rosemary, basil, tarragon, leek, dan lada butir. Sayuran ini diikat jadi satu dengan benang atau dibungkus dengan kain kasa dan diikat kemudian direbus bersama potongan karkas daging dan mire poix.

Mire Poix

Merupakan campuran sayuran untuk memperkaya nilai gizi kaldu dan memperbaiki aroma dan warna. Bahan dari mire poix adalah bawang bombay, batang seledri cincang, dan potongan wortel. Bawang bombay dan batang seledri membuat kaldu lebih harum dan lezat. Sedangkan potongan wortel meningkatkan warna kaldu menjadi lebih kuning dan menambah nilai gizi.

Tip Membuat Kaldu Lebih Harum dan Lezat

1. Untuk menghasilkan kaldu dengan cita rasa yang lezat, gunakan perbandingan 2:1 antara cairan dengan daging atau tulang.

2. Agar menghasilkan kaldu ayam dan kaldu daging yang jernih, sebaiknya cuci daging atau tulang sampai bersih, lalu rebus selama 2 menit dengan api kecil. Buang air perebusan pertama yang banyak mengandung banyak lemak, buih, dan kotoran dan ganti dengan cairan yang baru. Rebus kembali dengan api kecil sambil dibuang busanya yang terapung.

3. Kaldu untuk membuat sup sejenis consomme soup, setelah kaldu jadi sebaiknya dijernihkan lagi dengan meat clarification (campuran 150 gram daging cincang dengan 1 putih telur). Campur meat calarification dalam kaldu dan masak dengan api kecil hingga campuran daging dan telur menggumpal serta kotoran terikat. Angkat dan saring. Kaldu yang dijernihkan dengan meat calarification aromanya lebih harum, rasanya lebih lezat, warnanya lebih jernih kekuningan, dan kaya gizi.

4. Agar kaldu jernih dan tidak kehijauan, gunakan batang bawang dan batang seledri yang berwarna putih. Zat hijau daun (klorofil) pada batang seledri dan daun bawang akan membuat kaldu berwarna kehijauan.

5. Jangan merebus terlalu lama kaldu udang atau ikan karena cita rasa manis khas seafood stock akan hilang. Waktu maksimal untuk perebusan kaldu ikan atau udang adalah selama 60 menit. Jangan lupa menambahkan beberapa potong jahe dan air jeruk nipis untuk menghilangkan aroma amis.

Kaldu Jepang/Dashi
Masakan Jepang banyak yang menggunakan kaldu, seperti sup atau campuran hidangan berkuah. Kaldu Jepang terbuat dari air, konbu (ganggang laut yang dikeringkan), dan katsuobushi (bonito flake atau remahan ikan bonito). Bahan-bahan ini direbus hingga mendidih, kemudian disaring dan kaldunya siap digunakan untuk membuat masakan. Untuk mendapatkan 1 liter kaldu Jepang, diperlukan 1,5 liter air yang direbus dengan  25 gram konbu, dan 2 sendok makan katsuobushi. Bahan-bahan ini mudah dijumpai di supermarket besar di bagian masakan Jepang.

 

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

EUPHORBIA, Bunga Cantik Pembawa Hoki

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas