RESEP KUE PANADA - TIP MEMBUAT KUE PANADA - KUE TRADISIONAL

 


Panada

Bahan Kulit:

300 g tepung terigu

150 ml santan dari ½ butir kelapa

11 g ragi instan

1 butir telur, kocok lepas

2 sdm gula pasir

¼ sdt garam halus

Bahan Isi:

250 g daging ikan tongkol, haluskan/suwir-suwir

60 ml santan kental

1 genggam daun kemangi

2 buah cabe merah, haluskan

2 siung bawang putih, haluskan

2 siung bawang merah, haluskan

3 sdm minyak goreng

1 sdt ketumbar, haluskan

1 buah tomat, haluskan

½ sdt pala halus

minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

1.       Isi: Panaskan 3 sendok makan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, cabe dan ketumbar hingga harum. Tambahkan daging tongkol dan santan, masak hingga santan terserap. Masukkan tomat, daun kemangi, pala, dan garam. Masak sambil terus diaduk hingga matang. Angkat, dinginkan.

2.       Kulit: campur tepung terigu, gula, ragi instan, dan garam, aduk rata. Masukkan telur dan santan sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga terbentuk adonan yang kalis.

3.       Bulatkan adonan, diamkan di tempat yang hangat dan tertutup selama 1 jam atau hingga adonan mengembang dua kali lipat.

4.       Kempeskan adonan, bagi adonan seberat 30 gr. Bentuk menjadi bulatan dan pipihkan. Isi tengahnya dengan satu sendok makan bahan isi. Lipat menjadi bentuk setengah lingkaran. Wiru bagian tepinya dengan jari sepeti membentuk pastel. Lakukan hingga donan habis.

5.       Diamkan kembali adonan yang telah dibentuk selama 30 menit. Panaskan minyak, goreng dengan api sedang hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, atur di atas piring saji. Hidangkan.

Untuk ± 15 buah

Tip: Jangan menggoreng dengan minyak terlalu panas karena bagian dalam kue akan mentah dan kulit cepat gosong. Isi bisa diganti dengan daging ayam, daging sapi atau udang.

 

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

RESEP KUE MANGKOK RINGAN, EMPUK DAN NGAPAS - RAHASIA RESEP KUE MANGKUK MEREKAH DAN MEKAR SEMPURNA. TIP ANTI GAGAL MEMBUAT KUE MANGKOK

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

Pastel Isi Ragout Ayam - IDE JUALAN MAKANAN ONLINE - USAHA MAKANAN LARIS GOJEK - MAKANAN LARIS GOFOOD - UASAHA MAKANAN ONLINE RUMAHAN

Resep Brownies Panggang Irit Telur