PENGOBATAN ALTERNATIF UNTUK PENYAKIT HIPERTENSI ( DARAH TINGGI )

Jus untuk Mengontrol   Hipertensi

Hipertensi atau yang lebih dikenal dengan penyakit darah tinggi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal yang mengakibatkan peningkatan angka kesakitan (morbiditas) dan angka kematian (mortalitas).

Menurut WHO, di dalam panduan  terakhir tahun 1999, batas tekanan darah yang masih dianggap normal adalah kurang dari 130/85 mmHg, sedangkan bila lebih dari 140/90 mmHg dinyatakan sebagai hipertensi.

Salah satu cara efektif mengendalikan hipertensi adalah dengan diet. Ada dua cara yang bisa dilakukan. Cara pertama adalah diet rendah garam, yang terdiri dari diet ringan (konsumsi garam 3,75-7,5 gram per hari), menengah (1,25-3,75 gram per hari) dan berat (kurang dari 1,25 gram per hari).

Cara kedua, diet rendah kolesterol dan lemak terbatas. Cara ketiga, diet tinggi serat. Dan keempat, diet rendah energi (bagi yang kegemukan).

Selain diet, terapi jus juga bisa digunakan untuk mengendalikan hipertensi. Jus kaya serat, vitamin C, kalsium, kromium, dan lemak esensial terbukti efektif  meredam tekanan darah. Kandungan serat yang tinggi di dalam sayuran dan buah akan mengikat lemak dan kelebihan garam. Kelebihan lemak dan garam ini akan dibuang oleh tubuh besamaan dengan kotoran. Kondisi inilah yang akan mengurangi risiko hipertensi dengan cara alami.

Beberapa buah yang bisa dijadikan bahan untuk terapi jus mengendalikan hipertensi antara lain jambu biji, jeruk, pepaya, mangga, semangka, melon, belimbing, nanas, markisa, pir, sirsak, apel, delima, stroberi, rambutan,mengkudu, dan kiwi.  Sementara sayuran peredam hipertensi, diantaranya asparagus, seledri, selada air, sawi putih,  sayuran hijau semisal bayam, seledri atau brokoli, wortel, kol, tomat, mentimun. Jus juga bisa ditambah dengan bawang putih, yogurt tawar rendah lemak (plain yoghurt), atau minyak zaitun yang kaya dengan asam lemak omega-3.

Dari golongan tanaman herbal, berikut jenis tanaman yang dapat mengontrol tekanan darah, daun salam, rumput laut, daun mengkudu, temu hitam, daun meniran, bunga rosella, ciplukan, daun pulutan, daun pepaya, teh hijau, dan lidah buaya.

Guava Thailand Juice

Bahan:

250 g jambu biji bangkok daging putih, buang bijinya

200 g zucchini, potong-potong

2 sdm air jeruk lemon

3 lembar daun mint

3 potong es batu

Cara Membuat:

1. Proses jambu biji, zucchini dan daun mint dalam juice extractor. Buang ampasnya, sisihkan sarinya.

2. Tuang sari jambu biji ke dalam tabung blender. Tambahkan potongan es batu dan air jeruk lemon. Haluskan hingga es lembut. Angkat. Tuang dalam gelas saji, hidangkan segera.

Untuk 1 porsi

Wedang Daun Sirsak

Bahan:

10 lembar daun sirsak, iris halus

10 lembar daun mengkudu, iris halus

400 ml air

2 sdm madu

1 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat:

  1. Didihkan air, masukkan irisan daun sirsak, dan daun mengkudu. Rebus dengan api kecil hingga air tinggal 200 ml. Angkat. Saring.
  2. Tuang wedang daun sirsak ke dalam gelas saji. Tambahkan madu dan air jeruk nipis. Aduk rata. Hidangkan hangat.

Untuk 2 porsi

 

Teh Rosella Daun Salam

Bahan:

400 ml air

5 buah rosella kering

10 lembar daun salam, iris halus

2 batang serai, memarkan

2 cm jahe, memarkan

2 sdm madu

1 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat:

  1. Tuang air dalam panci. Masukkan irisan daun salam, rosella,  serai, dan jahe. Masak dengan api kecil hingga mendidih dan tersisa air 200 ml. Angkat, saring.
  2. Tuang ke dalam gelas saji. Tambahkan madu dan jeruk nipis. Aduk rata. hidangkan hangat.

Untuk 2 Porsi

 

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

EUPHORBIA, Bunga Cantik Pembawa Hoki

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas