PENGOBATAN ALTERNATIF PENYAKIT KEROPOS TULANG OSTEOPOROSIS

Jus Mencegah dan Mengatasi Keropos Tulang (Osteoporosis)

Osteoporosis berasal dari kata osteo yang artinya tulang, porous berarti batang. Osteoporosis merupakan penyakit yang ditandai oleh berkurangnya massa dan mineral tulang sehingga menyebabkan kondisi tulang menjadi rapuh, keropos dan mudah patah.

Pada kenyataan yang terjadi saat ini, osteoporosis bukan lagi milik lansia tapi juga mereka yang berusia muda.

Hal tersebut dapat dicegah dengan mengubah gaya hidup yang tidak sehat (pola makan yang buruk, aktifitas fisik yang rendah, konsumsi alkohol dan merokok), cukup paparan sinar matahari dan cukup masukan kalsium yang disesuaikan dengan usia masing-masing.

Akibat kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan sehari-hari mulai anak¬-anak sampai dewasa, serta kurangnya asupan kalsium, maka kepadatan (densitas) tulang menjadi rendah sampai terjadinya osteoporosis.

Tulang merupakan organ yang selalu berubah dan mengalami pembaruan (remodeling). Proses pembaruan dimulai dengan proses penyerapan massa tulang (resorpsi), kemudian dilanjutkan proses mengisi kembali celah yang terjadi pada tulang (formasi). Sayangnya dengan bertambahnya umur terjadi perubahan proses tersebut. Dimana proses resorpsi berjalan berlebihan tanpa diikuti proses formasi yang cukup, akibatnya tulang menjadi tipis dan rapuh.

Kalsium memang erat kaitannya dengan kesehatan tulang, sebab mineral ini yang membentuk masa tulang. Sembilan puluh persen kalsium dalam tubuh disimpan dalam tulang dan gigi, sisanya tersebar di dalam darah dan jaringan lunak.

Kalsium rata-rata yang dianjurkan di Indonesia adalah 500–800 mg per orang perhari. Pada usia lanjut dan wanita menopause menganjurkan sampai 1000 mg/hari.

Terapi jus dari bahan buah dan sayuran yang kaya akan vitamin D, K, C, B kompleks, serta mineral penting seperti kalsium fosfro, magnesium, seng, boron, dan mangan membantu mengatasi keropos tulang. Susu kedelai juga sangat disarankan sebagai campuran bahan jus karena mengandung senyawa fitoestrogen alami yang mampu mencegah keropos tulang.

Buah dan sayuran yang dianjurkan untuk terapi jus mengatasi osteoporosis diantaranya jambu biji, pisang, belimbing, mangga, papaya, jeruk, jeruk bali, plum, peach, pir, duku, rambutan,  nanas, kiwi, stroberi, avokad, kol, kol merah, markisa, melon, asparagus, tomat, brokoli, tauge,  kedelai, buncis, kapri manis, sawi hijau, selada, selada air, kacang hijau, bayam, bit, peterseli, paprika, tomat dan kacang-kacangan.

. Sari Kacang Hijau

Bahan:

60 g kacang hijau, rebus

150 ml susu tawar cair non fat

100 g melon

2 cm jahe

2 potong es batu

60 g nata de coco

Cara Membuat:

1. Masukkan kacang hijau, melon, jahe, susu tawar cair non fat dan es batu ke dalam tabung blender. Haluskan hingga lembut. Angkat.

2. Tuang ke dalam gelas saji. Tambahkan nata de coco. Sajikan segera.

Untuk 1 Porsi

Melon Almond Smoothie

Bahan:

150 g melon, potong-potong

100 g mangga, potong-potong

40 g kacang almond, cincang kasar

60 g plain yogurt

100 ml susu tawar cair dingin

2 cube es batu

Cara Membuat:

  1. Masukkan potongan melon, mangga, kacang almond, yogurt, dan susu tawar cair dingin, dan es batu ke dalam tabung blender. Proses hingga lembut.
  2. Tuang smoothie ke dalam gelas saji. Hidangkan segera.

Untuk 1 Porsi

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

EUPHORBIA, Bunga Cantik Pembawa Hoki

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas