PENGOBATAN ALTERNATIF PENYAKIT DEMAM BERDARAH (DBD) DAN FLU BURUNG


JUS UNTUK PENGOBATAN DEMAM BERDARAH DAN FLU BURUNG

Demam berdarah atau demam berdarah dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh salah satu dari empat serotipe virus dari genus Flavivirus, famili Flaviviridae. Setiap serotipe cukup berbeda sehingga tidak ada proteksi-silang dan wabah yang disebabkan beberapa serotipe (hiperendemisitas) dapat terjadi. Demam berdarah disebarkan kepada manusia oleh nyamuk Acdes aegypti.

Bagian terpenting dari pengobatan demam berdarah  adalah terapi suportif. Sang pasien disarankan untuk menjaga penyerapan makanan, terutama dalam bentuk cairan, karena itu, salah satu terapi yang membantu adalah terapi jus.

Penelitian yang telah dilakukan menunjukan, buah dan daun jambu biji tua ternyata mengandung berbagai macam komponen yang berkhasiat untuk mengatasi penyakit demam berdarah dengue (DBD). Kelompok senyawa tanin dan flavonoid yang dinyatakan sebagai quersetin dalam ekstrak daun jambu biji dapat menghambat aktivitas enzim reverse trancriptase yang berarti menghambat pertumbuhan virus berinti RNA.

Secara umum, cairan apa pun, entah air biasa atau air larutan gula-garam atau jus buah lain bisa membantu proses penyembuhan pasien demam berdarah jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Apalagi cairan perasan dari buah dan sayuran yang dibuat jus yang kaya vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Sama dengan demam berdarah, penyakit flu burung juga disebabkan oleh virus, yaitu Avian influenza. Peyakit ini ditandai dengan suhu tubuh naik hingga 38oC, pusing, batuk, badan pegal-pegal, lemas, hidung berlendir, dan tenggorokan sakit. Dalam waktu singkat, penyakit ini menjadi lebih berat dan menyerang paru-paru. Tidak jarang penyakit ini berakhir dengan kematian.

Sebenarnya penyakit virus flu burung bisa ditanggulangi dengan menjaga tubuh dalam konsisi sehat. Tubuh yang sehat akan tidak mudah terserang virus ini. Terapi jus yang kaya akan vitamin, mineral dan fitonutrien mampu meningkatkan kekebalan tubuh yang dapat mencegah masuknya virus Avian influenza.

Buah-buahan dan sayuran lain yang bisa dimanfaatkan sebagai terapi jus untuk demam berdarah dan flu burung adalah jambu biji, belimbing, apel, plum, semangka, jeruk, melon, blewah, nanas, anggur, pir, peach, kelapa, pepaya, markisa, bengkuang, alang-alang, semua sayuran hijau, tomat, brokoli, tauge alfalfa, timun, aspargus, bayam, buncis,  wortel, dan kacang panjang. Dari golongan herbal, tanaman untuk obat demam berdarah dan flu burung adalah tanaman meniran, temu hitam, kunyit, angkak, daun pepaya, dan daun jambu biji.

Herbal Meniran

Bahan:

50 g daun meniran, cuci bersih

4 lembar daun jambu biji, iris halus

4 cm jahe, memarkan

400 ml air

2 sdm madu

Cara Membuat:

  1. Didihkan air, rebus daun meniran, daun jambu, dan jahe. Masak hingga dengan api kecil hingga tersisa 150 ml air. Angkat, saring.
  2. Tuang herbal meniran ke dalam gelas saji. Tambahkan madu, aduk rata. sajikan hangat.

Untuk 1 Porsi

Green Vegetables Smoothie

Bahan:

100 g borokoli, potong-potong

100 g kacang panjang, potong-potong

150 g anggur hijau

150 ml susu kedelai dingin

2 sdm air jeruk lemon/nipis

3 cube es batu

Cara Membuat:

1. Masukkan potongan brokoli, kacang panjang, dan anggur ke dalam juice extractor. Proses, sisihkan sarinya.

2. Tuang campuran sari brokoli ke dalam tabung blender. Tambahkan susu kedelai, air jeruk lemon, dan potongan es batu. Haluskan hinga lembut. Tuang ke dalam gelas saji. Hidangkan segera.

Untuk 1 porsi

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

EUPHORBIA, Bunga Cantik Pembawa Hoki

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas