PENGOBATAN ALTERNATIF PENYAKIT ASMA DAN ALERGI

Jus untuk Membantu Mengatasi Asma dan Alergi

Asma adalah salah satu penyakit kronik dengan pasien terbanyak di dunia. Diperkirakan 300 juta orang di dunia menderita asma. Angka ini bisa jauh lebih besar kalau kriteria diagnosisnya diperlonggar. Bahkan saat ini penderita asma di Indonesia meningkat lebih dari 100 juta orang. Gejala dan keluhan yang paling sering muncul dan mudah dikenali adalah sesak napas disertai berbunyi ngik-ngik.

Saat serangan asma terjadi, saluran nafas menjadi menyempit dan tertutup. Inilah yang menyebabkan udara sulit melaluinya. Dalam keadaan normal, udara masuk melalui hidung dan mulut, kemudian  melalui trakea dan bronkus untuk masuk ke paru-paru. Di paru-paru terdapat banyak kantong udara, yang disebut alveolus. Di alveolus inilah, terjadinya pertukaran oksigen (02) dengan karbondioksida (C02).

Faktor keturunan dari orang tua juga memegang peranan pada anak yang menderita asma. Sedangkan alergi merupakan reaksi kekebalan yang menyimpang dari keadaan normal, sehinggga menimbulkan gejala merugikan. Bukan cuma gatal-gatal, sebenarnya bisa juga alergi berupa batuk, pilek dan sesak napas. Sedangkan peyebab alergi sangat beragam, tergantung pada individu masing-masing. Bisa berupa debu, bulu binatang atau makanan seperti seafood.

Terapi jus buah dan sayuran membantu meningkatkan imunitas, meredam  dan mencegah produksi histamine pemicu alergi. Hal ini disebabkan karena di dalam jus buah dan sayuran kaya akan betakaroten, kuersetin, magnesium, dan antihistamin alami.

Buah dan sayuran yang bermanaat untuk membantu mengatasi asma dan alergi diantaranya stroberi, nanas, anggur, jambu biji, papaya, mangga, belimbing, bengkoang, jeruk, kiwi, rambutan, sirsak,  semangka, melon, pisang, alpukat, tomat,  pepaya, labu kuning, bayam, bayam merah, kol, kol merah, lobak, sawi hijau,wortel, dan paprika. Golongan tanaman herbal juga banyak yang bisa dimanfaatkan sebagai obat penyakit asma, seperti lidah buaya peterseli, bawang merah, bawang putih, daun tanjung, kayu cendana, kunyit, kopi, dan jahe.

Jus Lidah Buaya Aroma Jahe

Bahan:

50 g lidah buaya, kupas, ambil daging batangnya

100 g rambutan, ambil daging buahnya

2 cm jahe

1 sdm bawang bombai cincang

1 sdm air jeruk lemon/nipis

2 cube es batu

Cara Membuat:

  1. Siapkan tabung blender. Masukkan potongan lidah buaya, rambutan, bawang bombay, jahe, air jeruk lemon, dan potongan es batu. Blender hingga lembut. Angkat.
  2. Siapkan gelas saji. Tuang ju, sajikan segera.

Untuk 1 Porsi

 Sari Aloe Vera

 Bahan:

100 g daging lidah buaya, potong-potong

75 g pepaya, potong-potong

75 g nanas, potong-potong

100 ml air dingin

1 sdm air jeruk lemon

3 cube es batu

Cara Membuat:

  1. Masukkan potongan daging lidah buaya, pepaya, nanas, air es, dan air jeruk lemon ke dalam juice extractor. Proses, sisihkan sarinya.
  2. Tuang sari aloe vera ke dalam gelas saji. Tambahkan potongan es batu. Hidangkan segera.

Untuk 1 Porsi

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

EUPHORBIA, Bunga Cantik Pembawa Hoki

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas