PENGOBATAN ALTERNATIF PENYAKIT ASAM URAT

Jus Meredakan Asam Urat

Asam urat atau uric acid merupakan hasil akhir nucleic acid atau metabolisme zat purin (salah satu unsur protein) dalam sel tubuh. Asam urat ini dibawa ke ginjal melalui aliran darah untuk dikeluarkan bersama air seni. Ginjal yang sehat akan mengatur kadar asam urat dalam darah agar selalu dalam kadar normal. Namun, asam urat yang berlebihan tidak akan tertampung dan terolah seluruhnya oleh tubuh. Kelebihan itu akhirnya menumpuk pada sendi dan jaringan.

Asam urat, dalam jumlah terbatas, juga diproduksi dari makanan yang dicerna. Asam ini lewat usus besar akan dihancurkan bakteri menjadi zat kimia dan dikeluarkan bersama faeses.

Produksi asam urat yang berlebihan (hyperuricaemia) berisiko tinggi terhadap beberapa gangguan seperti penyakit asam urat atau artritis gout, batu ginjal, kerusakan ginjal, serta tekanan darah tinggi. Gangguan artritis gout merupakan salah satu jenis rematik (ada lebih dari 150 jenis artritis). Kelainan metabolik ini kebanyakan menyerang sendi-sendi perifer atau tunggal.

Karena terkait dengan pola makan, ada beberapa makanan yang tinggi purin  harus dikurangi jumlahnya  untuk menghindari asam urat. Misalnya,  minuman fermentasi dan mengandung alkohol seperti bir, wiski, tuak, tape dan wine.  Makanan laut seperti kerang, tiram, cumi-cumi, udang, kepiting, dan berbagai jenis makanan kaleng seperti sarden,kornet harus dibatasi jumlahnya.  Di samping itu, berbagai jeroan seperti hati, ginjal, limpa, susus, paru, otak sebaiknya jangan dikonsumsi. Makanan pantangan yang lain adalah daging sapi, ayam,  ikan, daging kambing, tempe, emping, kacang dan oncom.

Penyakit ganguan asam urat bisa di kendalikan dengan terapi jus buah dan sayuran. Di dalam jus kaya akan B5 dan vitamin C yang akan membantu pemecahan asam urat dan mengeluarkanya dari dalam tubuh. Sedangkan vitamin E akan menjaga asam urat dalam tubuh pada kisaran normal. Kandungan air yang tinggi dalam jus bersifat diuretik sehingga meluruhkan kelebihan putin dan mengelurakanya dari dalam tubuh dalam bentuk urin.

Buah yang disarankan sebagai terapi jus untuk mencegah asam urat diantaranya stroberi, jambu biji, pepaya, mangga, jeruk, jeruk lemon, markisa, belimbing, ceri, sirsak, kiwi, blueberry, blackberry, bengkoang, seledri, paprika, cabai merah,labu kuning, mentimun,sawi putih, kol, daun bawang, kucai, almon. Dari golongan tanaman herbal, tanaman seperti kumis kucing, daun salam, sambiloto, anting-anting, kunyit, sidaguri, meniran, tempuyung, dan jahe mampu mengurangi risiko penyakit asam urat.

 

White Vegetables Juice

Bahan:

50 g sawi putih, potong-potong

50 g kol, potong-potong

50 g kacang almond

100 ml plain yogurt

1 sdm air jeruk lemon

5 cube es batu

Cara Membuat:

  1. Masukkan potongan sawi, kol, kacang almond, plain yogurt, air jeruk lemon, dan es batu ke dalam tabung blender. Proses hingga lembut. Angkat.
  2. Siapkan gelas saji. Tuang juice ke dalam gelas saji. Hidangkan segera.

Untuk 1 Porsi

Wedang Sambiloto

Bahan:

40 g jahe, parut

2 buah jeruk nipis, peras airnya

2 cm lengkuas, memarkan

40 g daun sambiloto kering

400 ml air

3 sdm madu

Cara Membuat:

  1. Didihkan air, masukkan daun sambiloto,  parutan jahe dan lengkuas. Masak dengan api kecil hingga tersisa air rebusan sebanyak 200 ml. Angkat, saring.
  2. Tuang wedang sambiloto ke dalam gelas saji. Tambahkan air jeruk nipis dan madu. Aduk rata. Hidangkan hangat.

Untuk 2 Porsi

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

EUPHORBIA, Bunga Cantik Pembawa Hoki

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas