PENGOBATAN ALTERNATIF PENYAKIT ANEMIA

Jus Mengatasi Anemia

Pada orang sehat, butir-butir darah merah mengandung hemoglobin, yaitu sel darah merah bertugas membawa oksigen serta zat gizi lain seperti vitamin dan mineral ke otak dan ke jaringan dan organ tubuh lain. Anemia terjadi bila jumlah sel darah merah secara keseluruhan atau jumlah hemoglobin dalam darah merah berkurang.

Dengan berkurangnya hemoglobin ataupun darah merah tadi, kemampuan sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh berkurang. Akibatnya, tubuh kita juga kurang mendapat pasokan oksigen, yang menyebabkan tubuh lemas dan cepat lelah.

Jenis anemia yang paling sering ditemui adalah kekurangan zat besi, terjadi bila kita kehilangan banyak darah dari tubuh (baik karena pendarahan luka maupun karena menstruasi), ataupun karena asupan makanan kurang mengandung zat besi.

Untuk mencegah kekurangan zat besi, mengonsumsi makanan bergizi seimbang dengan asupan zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Seperti dengan mengkonsumsi jus sayuran dan buah yang kaya akan zat besi. Biasanya terdapat pada sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli, asparagus, bayam dan kangkung, buncis, tomat,zucchini, seledri, kacang polong, bit,  wortel, serta kacang-kacangan lain.

Buah yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi anemia diantaranya delima, pepaya, apel, anggur, jeruk, belimbing, stroberi, delima, jambu air, lengkeng, rambutan, semangka, mangga, wortel, kiwi.

Mocktail Jambu Air

Bahan:

250 g jambu air, potong-potong

100 g manggis

60 g tomat, potong-potong

1 sdm air jeruk nipis/lemon

2 potong es batu.

Cara Membuat:

1. Masukkan potongan jambu air, manggis dan tomat ke dalam juice extractor. Sisihkan sarinya.

2. Tuang campuran sari jambu air-manggis ke dalam tabung blender. Tambahkan air jeruk lemon dan potongan es batu. Haluskan hingga lembut. Tuang ke dalam gelas saji. Hidangkan segera.

Untuk 1 Porsi

Wedang Angkak

Bahan:

50 g angkak

5 cm jahe, memarkan

400 ml air

4 sdm madu

Cara Membuat:

  1. Didihkan air, masukkan angkak dan jahe. Rebus dengan api kecil selama 20 menit. Angkat. Saring.
  2. Tuang wedang ke dalam gelas saji, tambahkan madu, aduk rata. sajikan hangat.

Untuk 2 Porsi

 

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

EUPHORBIA, Bunga Cantik Pembawa Hoki

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas