MENGENAL FUNGSI DAN KEGUNAAN ANEKA KECAP DAN SAUS YANG SERING DIGUNAKAN DALAM BUMBU MASAKAN

 











Kecap dan Saus Penyedap Masakan

Kecap dan saus sering ditambahkan dalam masakan. Aroma dan rasa lezat kecap dan saus akan membuat hidangan semakin nikmat disantap.

Kecap/Soy Sauce

Kecap sudah berabad-abad digunakan sebagai bumbu masakan Cina dan Jepang. Kecap terbuat dari fermentasi biji kedelai dan aneka rempah-rempah. Warnanya cokelat kehitaman, dengan rasa asin, manis sedang, dan manis, tergantung jenis kecapnya. Kecap berfungsi meningkatkan cita rasa lezat pada masakan.

Kecap Asin

Proses pembuatan dan bahan kecap asin hampir sama dengan kecap biasa, namun pada kecap asin ditambahkan lebih banyak garam dan memiliki tekstur lebih encer. Perhatikan penggunaan garam jika masakan ditambahkan dengan bumbu ini agar rasa tidak terlalu asin.

Kecap Ikan/Fish Sauce

Kecap ikan terbuat dari fermentasi ikan. Aromanya gurih dan agak anyir khas ikan. Biasanya ditambahkan pada masakan ikan, sup, saus, atau tumisan. Warna kecap ikan agak bening, dan dijual dalam kemasan botol.

Kecap Inggris/L&P (Lea &Perrine) Sauce/Worcestershire Sauce

Sering digunakan sebagai bumbu perendam hidangan bakar, barbeque (BBQ), dan masakan tumisan. Bumbu ini terbuat dari cuka, molases, gula, asam, bawang, ikan anchovy, dan aneka rempah-rempah. Kecap inggris memberi rasa yang lezat dengan aroma wangi dan khas pada masakan.

Kecap Jepang/Shoyu

Di pasaran terdapat dua jenis kecap Jepang, yaitu dark (koikuchi) yang memiliki warna cokelat pekat dengan aroma kuat, dan light (usukuchi) dengan warna cokelat muda dan aroma lebih ringan. Cita rasa shoyu hampir sama dengan kecap asin karena bahan dan cara pembuatannya hampir sama, hanya saja kecap Jepang lebih sedikit menggunakan garam dan lebih banyak menggunakan gandum sehingga teksturnya lebih pekat.

Kecap Manis/Kecap Jawa

Terbuat dari fermentasi biji kedelai, gula jawa, bumbu seperti pekak, daun salam, bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan garam. Teksturnya pekat kehitaman dengan rasa manis. Kecap ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan, campuran sambal, atau sebagai saus.

Saus Teriyaki 

Saus ini siap pakai, biasanya digunakan untuk merendam bahan masakan teriyaki sebelum dibakar. Beberapa masakan tumisan dan steak juga menambahkan saus teriyaki untuk menguatkan rasa khas oriental. Saus teriyaki dijual dalam kemasan botol pada bagian bumbu dapur Asia.

Saus Hoisin

Saus hoisin terbuat dari pasta kedelai, cabai merah, dan rempah-rempah. Rasanya pedas manis. Sering digunakan sebagai bumbu perendam daging, ayam, bebek, atau ikan sebelum dipanggang atau sebagai bumbu tumisan. Dijual dalam kemasan botol kaca.

Saus Jamur/Mushroom Ketchup

Terbuat dari fermentasi jamur dan rempah-rempah. Saus ini sering digunakan sebagai bumbu perendam pada masakan Eropa. Saus berwarna kecokelatan ini meningkatkan cita rasa gurih dan aroma yang khas pada masakan.

Saus Tomat/Tomato Ketchup

Terbuat dari buah tomat yang dihaluskan, tepung sebagai pengental, dan rempah-rempah. Dijual dalam kemasan botol, saus tomat sering digunakan sebagai campuran masakan, bumbu marinade, atau penyerta hidangan. Cita rasanya asam dan lezat.

Tomato Pasta 

Merupakan pure tomat murni. Bentuknya pasta kental. Biasanya dijual dalam kemasan kaleng. Cita rasanya khas tomat. Sering digunakan untuk campuran sup tomat atau saus tomat. Jika tidak tersedia bisa diganti dengan saus tomat.

Saus Tiram/Oyster Sauce

Dibuat dari tiram yang difermentasikan dengan rempah, pati, dan karamel. Warna saus ini kecokelatan dengan tekstur agak kental, sering ditambahkan pada masakan tumisan. Saus tiram meningkatkan cita rasa gurih dan lezat pada masakan. Dijual dalam kemasan botol.

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

EUPHORBIA, Bunga Cantik Pembawa Hoki

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf