MENGENAL FUNGSI DAN KEGUNAAN AIR ABU MERANG, AIR KAPUR SIRIH DAN AIR KHI / AIR ABU DALAM MASAKAN

 



Air Abu Merang

Terbuat dari merang padi kering yang dibakar, kemudian ditumbuk halus, diayak, dan dilarutkan dalam air. Air abu merang biasanya digunakan untuk membuat cendol, bubur suro, lapis jongkong, dan makanan yang memerlukan pewarna hitam. Untuk membuat air abu merang, larutkan 100 gram abu merang dalam 1 liter air, lalu saring airnya.

Air Abu/Air Ki

Merupakan larutan kimiawi cair yang dijual dalam kemasan botol. Biasanya digunakan untuk memberikan efek kenyal pada makanan, seperti saat membuat mi atau kerupuk gendar. Gunakan air abu sesuai dengan petunjuk resep.

Air Kapur Sirih

Dijual dalam bentuk batangan kering, bubuk, atau larutan menyerupai pasta. Air kapur sirih biasanya digunakan untuk merendam potongan buah yang akan digunakan sebagai bahan koktail agar tekstur buah lebih kenyal, renyah, dan tidak hancur. Cara membuatnya dengan melarutkan 1 sendok makan kapur sirih ke dalam 500 mililiter air. Aduk rata dan saring.

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

EUPHORBIA, Bunga Cantik Pembawa Hoki

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas