MENGENAL 11 JENIS BAHAN MAKANAN SUMBER KARBOHIDRAT ILMU TATA BOGA

 

MAKANAN SUMBER KARBOHIDRAT
MENGENAL RAGAM BAHAN MASAKAN

Tubuh yang sehat diawali dari pemilihan menu makanan yang mengandung komposisi  nutrisi seimbang. Zat gizi esensial tubuh adalah karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, serat, dan air. Masing-masing zat gizi ini berfungsi sebagai zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur. Menyusun menu keluarga sebaiknya berdasarkan pola makan dengan kandungan gizi yang seimbang.

Bahan utama masakan sehari-hari biasanya terdiri dari sumber karbohidrat, protein hewani, protein nabati, lemak, vitamin, mineral dan serat. Masyarakat Indonesia umumnya mengonsumsi beras (nasi) sebagai sumber karbohidrat. Sumber karbohidrat lain antara lain jagung, tepung terigu, ubi kayu, ubi jalar, dan talas. Sumber protein hewani seperti daging sapi, daging kambing, ayam, ikan, seafood, susu, dan keju. Sumber protein nabati terdiri dari tahu, tempe, susu kedelai, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Selain minyak, kebutuhan lemak tubuh bisa dicukupi dari sumber lain seperti margarin, mentega, olive oil, dan santan. Sedangkan vitamin, mineral, dan serat diperoleh dari bahan sayuran atau buah-buahan.

Makanan yang lezat diawali dari pemilihan bahan yang segar dan berkualitas baik. Keterampilan memilih bahan masakan yang baik dan benar mutlak diperlukan sebelum turun ke dapur. Selain kualitas bahan yang baik, ukuran resep masakan juga harus tepat agar tercipta hidangan yang lezat dan bergizi. Teknik pengolahan juga harus benar, karena pengolahan makanan yang benar membuat Anda terhindar dari kegagalan hasil masakan.

 Bahan Pangan Sumber Karbohidrat

Bahan pangan sumber karbohidrat banyak sekali ragamnya. Masyarakat Asia biasanya mengonsumsi nasi atau mi sebagai sumber karbohidrat, berbeda dengan masyarakat Eropa yang lebih menyukai pasta sebagai hidangan utama (main course).

Beras Putih (Oryza sativa

Beras merupakan sumber karbohidrat. Beras yang baik ditandai dengan butiran yang utuh, berwarna putih bersih, tidak berkutu, dan tidak banyak mengandung kotoran. Cuci bersih beras sebelum digunakan. Jika memungkinkan, gunakan beras organik yang mengandung nutrisi yang lebih baik dan sehat karena tidak mengandung cemaran pestisida. Setiap 100 gram beras mengandung energi 349 kkal, protein 6.8 gram, lemak 0.7 gram, karbohidrat 78.9 gram, kalsium 10 miligram, dan fosfor 140 miligram.

Beras Merah (Oryza nivara

Lapisan bekatul atau aleuron beras merah mengandung gen yang memproduksi antosianin, zat yang merupakan sumber warna merah atau ungu sehingga beras berwarna kemerahan. Seperti beras putih, beras merah juga sumber kalori dan karbohidrat yang baik. Beras merah memiliki tekstur yang pera, tidak sepulen beras putih karena beras merah banyak mengandung serat. Beras ini cocok dikonsumsi orang yang sedang menjalani diet. Setiap 100 gram beras merah mengandung energi 352 kkal, protein 7.3 gram, lemak 0.9 gram, karbohidrat 76.2 gram, kalsium 15 miligram, dan fosfor 257 miligram.

Beras Hitam

Termasuk beras yang langka. Beras ini mengandung aleuron dan endospermia yang mampu memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga beras berwarna hitam atau keunguan. Beras hitam biasanya dijadikan sebagai bahan baku kue, jajanan pasar, atau diolah menjadi tepung. Teksturnya agak pera dan kurang cocok diolah sebagai nasi. Beras hitam yang baik butirannya utuh, berwarna hitam mengkilat, dan tidak banyak mengandung kutu.  Setiap 100 gram beras hitam mengandung 76.9 gram karbohidrat, 8.5 gram protein, 0.1 miligram zat besi, 6 miligram kalsium, 1.3 gram lemak, serta 20.1 gram serat.

Beras Ketan Putih (Oryza sativa var glutonosa

Beras ketan putih banyak digunakan sebagai bahan baku kue, cake, brownies, dan makanan kecil lainnya. Tekstur beras ketan putih pulen karena mengandung amilopektin yang tinggi dibandingkan beras biasa. Selain digunakan utuh sebagai bahan pembuat kue dan masakan, tepung beras ketan juga cukup banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku kue tradisional. Setiap 100 gram beras ketan mengandung protein 7.4 gram, karbohidrat 78.4 gram, lemak 0.8 gram, kalsium 13 miligram, dan zat besi 3.4 miligram.

Beras Ketan Hitam 

Meskipun disebut beras ketan, namun tekstur beras ketan hitam tidak sepulen beras ketan putih. Teksturnya agak pera. Jenis beras ini sering diolah menjadi campuran tapai ketan, bubur ketan hitam, dan diolah menjadi bahan baku kue tradisional. Setiap 100 gram beras ketan hitam mengandung 360 kkal energi, 74.5 gram karbohidrat, 2.3 gram lemak, 8 gram protein, 10 miligram kalsium, dan 6.2 miligram zat besi.

Jagung (Zea mays Linn.

Di pasaran banyak dijumpai jenis jagung, seperti jagung kuning, jagung putih, jagung ungu/hitam, jagung pop corn, dan jagung manis. Jagung muda sering diolah menjadi bahan kudapan (snack), sedangkan jagung tua bisa diolah menjadi nasi jagung, cornflakes, atau dibuat tepung jagung. Pati jagung atau disebut juga tepung maizena sering digunakan dalam menu masakan sebagai pengental saus atau kuah, dan campuran kue atau cake. Semua kandungan nutrisi jagung ini sama, yaitu mengandung karbohidrat tinggi sehingga dapat menjadi sumber kalori yang baik. Setiap 100 gram jagung mengandung energi 366 kkal, protein 9.8 gram, lemak 7.3 gram, karbohidrat 69.1 gram, kalsium 30 miligram, fosfor 538 miligram, dan zat besi 2 miligram.

Gandum (Tirticum spp.

Termasuk tanaman serealia suku padi-padian. Di pasaran gandum biasanya diolah menjadi tepung terigu. Hasil olahan gandum jenis T. Aestivum menghasilkan tepung terigu berprotein tinggi (hard wheat) yang dijual dengan merek dagang Cap Cakra Kembar. Jenis tepung ini cocok sebagai bahan baku roti dan adonan kue dengan fermentasi yang memerlukan tepung terigu tinggi gluten (protein terigu).

Di pasaran juga dijumpai tepung terigu protein sedang (medium wheat), dijual dengan merek dagang Cap Segitiga Biru, yang sering digunakan sebagai bahan baku cake, bolu, atau kue tanpa fermentasi. Jenis tepung yang lain adalah tepung terigu rendah protein (soft wheat) yang digunakan untuk membuat cookies atau kue kering. Penggunaan tepung dengan merek dagang Cap Kunci ini akan menghasilkan kue kering yang renyah dan rapuh. Setiap 100 gram tepung terigu mengandung kalori 333 kkal, protein 9 gram, lemak 1 gram, karbohidrat 77.2 gram, kalsium 22 miligram, dan zat besi 1.3 miligram.

Jali (Coix lacryma-jobi var)

Jali merupakan tanaman biji-bijian atau serealia, yang termasuk suku padi-padian (Polaceae). Butiran biji jali bisa diolah menjadi bubur jali atau kudapan. Orang barat mengenal jali dengan sebutan Chinese pearl wheat (gandum mutiara Cina). Setiap 100 gram jali mengandung protein 11 gram, karbohidrat 61 gram, energi 324 kkal, kalsium 213 miligram, dan zat besi 11 miligram.

Kentang (Solanum tuberosum

Kentang merupakan sumber karbohidrat dan energi. Selain digoreng, kentang juga banyak diolah menjadi campuran sayur atau lauk seperti perkedel. Pilih kentang yang tua karena kentang tua banyak mengandung pati sehingga teksturnya lebih pulen. Hindari mengolah kentang dengan kulit berwarna kehijauan karena mengandung racun bernama solanine. Dalam 100 gram kentang terkandung energi 85 kkal, karbohidrat 19.1 gram, kalsium 11 miligram, protein 2 gram, lemak 0.1 gram, dan fosfor 56 miligram.

Talas (Colocasia esculanta)

Beragam jenis talas ada di Indonesia, seperti talas bogor, talas pontianak, dan talas kuning. Talas seringkali dijadikan bahan baku kudapan. Umbi ini terkadang bisa menyebabkan rasa gatal karena mengandung zat kalsium oksalat, yang bisa hilang dengan perendaman dalam air garam dan proses pemasakan. Setiap 100 gram talas mengandung karbohidrat 25 gram, protein 1.4 gram, lemak 0.4 gram, kalsium 4.7 gram, dan zat besi 0.7 gram.

Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas L.

Ubi jalar banyak varietasnya, ada yang berdaging putih, kuning, dan ungu. Ubi bisa dijadikan bahan baku aneka kue dan kudapan seperti setup atau kolak. Setiap 100 gram ubi jalar mengandung energi 119 kkal, protein 0.5 gram, lemak 0.4 gram, karbohidrat 25.1 gram, kalsium 30 miligram, fosfor 40 miligram, dan zat besi 0.4 miligram.

KUMPULAN RESEP

BELAJAR MASAK GRATIS

BELANJA ALAT KUE MURAH

BELANJA AMAN COD SERBA DISKON   


BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

EUPHORBIA, Bunga Cantik Pembawa Hoki

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas