MANFAAT YOGURT UNTUK KESEHATAN TUBUH

 


Yogurt sebagai Pelengkap Terapi Jus

       Di dalam buku ini akan Anda temui banyak resep jus yang menggunakan yogurt  sebagai bahan campuran. Bukan tanpa alasan namun memang manfaat dari yoghurt yang sangat baik untuk kesehatan. Susu asam hasil fermentasi bakteri Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus mempunyai segudang manfaat. Bakteri-bakteri ini menguraikan gula susu (laktosa) menjadi asam laktat. Adanya asam laktat inilah yang menyebabkan yogurt berasa asam. Proses fermentasi menyebabkan kadar laktosa dalam yogurt berkurang, sehingga yoghurt aman dikonsumsi oleh orang yang alregi susu dan lansia.

       Dipasaran dijual dua jenis  yogurt, yaitu yogurt tawar (plain yogurt) yang kental dan bergumpal-gumpal, serta yogurt siap santap dengan tekstur encer dan sudah ditambahkan gula dan citarasa buah-buahan. Dari segi gizi, kandungan gizi yogurt memang tidak jauh berbeda dengan susu. Tetapi karena melalui proses fermentasi, maka ada beberapa zat gizi yang kandungannya lebih tinggi pada yogurt seperfi vitamin 81, vitamin B2, serta beberapa jenis asam amino penyusun protein. Setiap 100 g yoghurt mengandung 52 kkal, protein 3.3 g, lemak 2.5 g, karbohidrat 4.0g, kalsium 120 mg, fosfor 90 mg, zat besi 0.1 mg, retinol 22 mcg dan thiamine 0.04 mg,

        Yogurt sangat tinggi kalsum dan fosfor baik untuk mencegah osteoporosis, Manfaat lain adalah mencegah kanker usus. Di dalam lambung dan usus halus terdapat banyak jenis mikroflora, salah satu yang dominant adalah bakteri asam laktat. Bakteri dari yogurt dapat hidup di dalam usus dan bersimbiosis dengan mikroflora lainnya. Adanya bakteri yang menguntungkan di dalam usus memberikan kondisi yang dapat mencegah pertumbuhan mikroba patogen. Manfaatnya, berbagai penyakit akibat infeksi atau keracunan mikroba dapat dihindari akibat terhambatnya pertumbuhan mikroba patogen.

       Kerja mikroflora dari yoghurt akan menghasilkan suatu lapisan protein di sepanjang saluran pencernaan. Manfaatnya, berbagai senyawa karsinogenik penyebab kanker di dalam saluran cerna dapat dihambat penyerapannya dan dikelurakan melalui feces.  Bakteri yang terdapat dalam susu fermentasi adalah bakteri probiotik yang dapat memproduksi asam laktat. Asam laktat yang dihasilkannya ini, mampu melakukan metabolisme kolesterol yang berasal dari makanan menjadi bentuk sterol yang tidak dapat diserap oleh usus, karenanya yogurt dapat menurunkan kolesterol. Manfaat lain dari togurt adalah mencegah hipertensi dan jantung koroner.

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

EUPHORBIA, Bunga Cantik Pembawa Hoki

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas