KANDUNGAN GIZI WORTEL DAN MANFAATNYA UNTUK KESEHATAN

Wortel (Daucus carota L.)

      Wortel kaya akan kandungan Vitamin A kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, dan besi. Fitonutrien terkandung semakin memperkaya nutrisi wortel. Setiap 100 g wortel mengandung vitamin C 7 mg, vitamin E 465 mcg, vitamin B1 69 mcg, betakaroten 7.6 mg, asam pantotenat 270 mcg, energi 30 kkal, potasium 311 mg, natrium 61`mg, kalsium 37 mg, zat besi 386 mcg, fosfor 35 mg, dan serat larut 1.742 mg.

       Kandungan vitamin A di dalam wortel yang tinggi sangat baik untuk kesehatan mata serta mecegah kerusakan sel-sel saraf (neurologis). Wortel juga menurunkan resiko terkea stroke, mejaga kesehatan kulit, dan menjaga fungsi hati dan ginjal.  Khasiat antistroke tersebut juga ditimbulkan karena aktivitas beta karoten yang mampu mencegah terjadinya plak atau timbunan kolesterol dalam pembuluh darah. Beta karoten merupakan pigmen paling aktif apabila dibandingkan dengan alpha dan gamma karoten. Biasanya beta karoten lebih dikenal sebagai provitamin A yang akan menjadi vitamin A pada dinding usus halus. Selain itu manfaat wortel untuk meningkatkan ketahanan tubuh terhadap infeksi viru dan bakteri. Wortel juga kaya antioksidan pencegah kaker dan mampu menurunkan tekanan darah.

 


BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

EUPHORBIA, Bunga Cantik Pembawa Hoki

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas