KANDUNGAN GIZI TOMAT DAN MANFAATNYA UNTUK KESEHATAN TUBUH

 


Tomat  (Solanum lycopersicum)

Tomat kaya akan vitamin A, vitamin C, mineral, dan zat fitonutrien. Setiap 100  g tomat mengandung vitamin C 24 mg, provitamin A 172 mcg, vitamin B1 80 mcg, vitamin B2 40 mcg, kalori 56 kkal, magnesium 21 mg, potasium 230 mg, kalsium 12 12 mg, zat besi 700 mcg, dan fosfor 32 mg.

        DR. John Cook Bennet dari Wiloughby University, Ohio, sebagai orang pertama yang meneliti manfaat tomat, pada November 1834. Hasil penelitiannya menunjukkan tomat dapat mengobati ganguan pencernaan, diare, memulihkan fungsi lever, dan serangan empedu. Peneliti lain dari Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, menemukan gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan darah penyebab stroke dan penyakit jantung. Tomat juga mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakannya.

       Pigmen warna merah pada tomat, menandakan tomat mengandung lycopene, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi, dan sinar ultraviolet. Lycopene juga berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker pankreas, kanker prostat, leher rahim, dan kanker perut.

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

EUPHORBIA, Bunga Cantik Pembawa Hoki

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas