APA KATA PAKAR TENTANG MANFAAT KOPI UNTUK KESEHATAN?

 



Kopi

Tingkatkan Libido Hingga Risiko Mag

Sebaian orang menikmati kopi karena aroma dan kelezatan rasanya. Namun tidak sedikit orang mengonsumsi kopi karena merasakan manfaat untuk kesehatan tubuh. Yuk kita cermati, untung rugi minum kopi.

Dalam industri kuliner, kopi banyak digunakan sebagai bahan campuran kue, cake maupun minuman. Aroma kopi yang harum dan khas, serta cita rasa nikmat membuat kopi disukai banyak orang. Di pasaran banyak dijumpai olahan kopi, seperti kopi bubuk, kopi instan, esens kopi hingga pasta kopi.

Pilihan kopi banyak ragamnya, dan semakin banyak orang yang menjadi penikmat kopi. Namun perlu diingat, jangan mengonsumsi kopi secara belebihan, kandungan kafein yang tinggi di dalam kopi bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Varietas Kopi

Di pasaran dijual beberapa varietas kopi, seperti varietas Arabika (Coffea arabica)  dan Robusta (Coffea canephora). Karakteristik kopi Arabika mempunyai biji lebih kecil dibandingkan Robusta. Kandungan kafein kopi Arabika sekitar 1,3 %, lebih rendah dibandingkan Robusta yang mengandung 2,4 %.  Kopi Arabika memiliki rasa dan aroma lebih nikmat dan harganya relatif lebih mahal.

Berbeda dengan Arabika, Robusta memiliki ukuran biji lebih besar, bentuknya oval, tinggi kafein dan aroma yang kurang harum. Kita lebih mengenal Kopi Toraja atau Kopi Jawa yang berasal dari varietas Kopi Arabica atau Kopi Lampung dan Bali dari jenis Kopi Robusta.

Proses Pembuatan

Nikmatnya secangkir kopi memang sebanding dengan proses membuatnya yang panjang dan rumit. Berawal dari biji kopi tua, biji kopi ini dijemur hingga kering, digiling untuk memisahkan kulit dengan bijinya. Proses selanjutnya, biji kopi disangrai hingga hitam, dihaluskan dan terciptalah bubuk kopi siap seduh. Proses menyangrai biji kopi seringkali ditambahkan lemak seperti mentega, tujuannya agar aroma dan cita rasa kopi lebih nikmat.  Dari biji kopi sangrai ini, bisa diolah menjadi bubuk kopi instan, kopi tubruk, diekstrak sarinya menjadi esens kopi atau diolah menjadi pasta kopi.

Selain minuman kopi nikmat ala cafe, seperti  cappuccino, latte, dan espresso, kopi juga bisa diolah menjadi campuran kue, seperti cookies, cake, roti, crepe, dan pancake. Olahan kopi yang biasanya digunakan sebagai campuran kue adalah bubuk kopi, air seduhan bubuk kopi, esens kopi atau pasta kopi. Sebaiknya gunakan bubuk kopi asli untuk membuat kue dan minuman. Bubuk kopi asli memiliki aroma dan cita rasa khas kopi dan nikmat. Bubuk kopi asli juga lebih baik untuk kesehatan karena tidak diproses secara kimia seperti pada pembuatan esens atau pasta kopi.

Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Apapun bentuk menikmati kopi, baik dikonsumsi sebagai minuman maupun campuran olahan kue dan makanan, prinsipnya sama. Anda memasukkan zat kafein ke dalam tubuh. Menurut pakar ilmu pangan dan gizi, Prof. Dr.Ir. Ali Khomsan, kopi memiliki manfaat positif bagi kesehatan jika dikonsumsi tidak berlebihan. Kandungan kafein di dalam kopi dapat mempengaruhi sistem saraf pusat, otot dan ginjal. Pengaruh terhadap sistem saraf pusat adalah mencegah rasa kantuk, memberikan rasa segar pada ttubuh, mempercepat daya pikir dan mengurangi rasa lelah.

Efek positif di atas diperoleh jika mengonsumsi kopi dalam ambang batas yang wajar. Menurut Prof Ali, ambang batas minum kopi yang diperbolehkan adalah 300 mg per hari atau setara dengan tiga cangkir kopi per hari. Jangan mengonsumsi kopi secara berlebihan, apalagi bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit mag, asam lambung dan ginjal. Minum kopi dapat merangsang lambung mengeluarkan asam lambung lebih banyak dari jumlah normal. Kondisi ini akan memicu ganguan penyakit mag dan menimbulkan rasa tidak nyaman.  

Beberapa penelitian ilmiah membuktikan, minum kopi bermanfaat untuk kesehatan. Seperti yang dilakukan tim dari University of Houston di Texas. Penelitian pada warga Irlandia yang suka minum kopi dengan ditambahkan wine terbukti dapat menurunkan 80% risiko serangan stroke. Kopi juga dapat menyembuhkan sakit kepala akibat ketegangan, seperti yang diungkap Dr. Seymour Diamond dari Diamond Headache Clinic-Amerika. Kandungan kafein di dalam kopi juga disinyalir banyak memberikan manfaat positif. Senyawa kafein dapat menghilangkan rasa lelah, mengantuk dan meningkatkan kewaspadaan pada saraf motorik.  Kopi juga dipercaya dapat meningkatkan libido pria.

 Selain bermanfaat,  kopi juga mempunyai sisi buruk terutama bagi anak-anak dan wanita hamil. Konsumsi kopi yang berlebihan pada anak dapat menyebabkan anak susah tidur, akibatnya waktu istirahat anak tergangu dan dapat menimbulkan ganguan kesehatan yang lebih serius. Berbeda dengan ibu hamil, kafein bersifat diuretik, merangsang pengeluaran urin, merangsang kerja otak dan aktivitas jantung. Jika konsumsi berlebihan, ibu hamil menjadi gelisah dan susah tidur. Sifat diuretik juga bisa menyebabkan ibu hamil kekurangan cairan, tentu kondisi ini berbahaya untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Perlu diingat, minum kopi sebaiknya tidak melebihi 50 mg per kali minum. Jika konsumsi kopi berlebihan dalam jangka waktu panjang, maka dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, darah tinggi, ginjal dan diabetes. Budi Sutomo.

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

RESEP KUE MANGKOK RINGAN, EMPUK DAN NGAPAS - RAHASIA RESEP KUE MANGKUK MEREKAH DAN MEKAR SEMPURNA. TIP ANTI GAGAL MEMBUAT KUE MANGKOK

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

Resep Brownies Panggang Irit Telur

EUPHORBIA, Bunga Cantik Pembawa Hoki