Minggu, Mei 08, 2022

TANAMAN HIAS BEGONIA DAN SANGGA LANGIT TERNYATA BERACUN, BISA MENYEBABKAN HALUSINASI

Dibalik keelokan warna dan bentuk bunga serta daunnya. Beberapa jenis tanaman mengandung racun, seperti tanaman hias daun Begonia dan tanaman hias rambat Sangga Langit. Kandungan zat racun apa yang terkandung? Dan apakah berbahaya untuk kesehatan? Simak ulasan berikut. Teks/foto: Budi Sutomo.

Begonia ( Begonia sp, )

Anda pasti ngga menyangka jika tanaman hias begonia mengandung racun. Begonia banyak sekali jenisnya, umumnya tanaman hias ini ditanam karena keelokan daunnya, hampir semua jenis begonia juga ternyata menghasilkan bunga yang cantik.

Bagian tanaman yang beracun biasanya pada bagian yang berada di bawah tanah. Seperti pangkal batang dan akar. Nama racun yang terkandung adalah calcium oxalates atau kalsium oksalat. Jika termakan, bisa menyebabkan mual, sakit kepala dan muntah. Namun jangan khawatir, kandungan racun dalam begonia relatif rendah. Tetap tanam begonia ya, karena kemolekan daunnya suhngguh memanjakan mata.

Sangga Langit ( Ipomea quamoclit )

Tanaman merambat, daunya cantik, bunganya kecil berbentuk terompet dengan warna merah menyala.  Tanaman ini tumbuh subur di dataran rendah hingga dataran tinggi. Cocok dijadikan tanaman pergola, atau dirambatkan di pagar atau tiang.

Di balik kecantikan kembang sangga langit, ternyata mengandung zat yang bersifat racun. Jenis racun yang terkandung adalah Indole Alkoloids ( Lysergic acid, lysergamide, elymodlavine, dan chanoclavine). Zat racun ini jika termakan dalam jumlah banyak bisa menyebabkan mual, muntah, dan halusinasi. Namun jangan khawatir, tanaman ini tetap aman ko menjadi tanaman hias, toh kita ngga akan memakannya kan?