Kamis, Mei 05, 2022

RESEP ROTI TAWAR COKELAT YANG LEMBUT, WANGI DAN ENAK, TIP MEMBUAT ROTI TAWAR

Roti tawar cokelat yang lembut, harum dan lezat. Berikut resepnya untuk anda. Resep/foto/dapur uji: Budi Sutomo.

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe! 
Roti Tawar Cokelat Isi Kismis
Bahan:
Tepung terigu tinggi protein/hard wheat/cap cakra 2 kg
Ragi instan/instan yeast 30 g
Cokelat bubuk 50 g
1 sdt pasta cokelat
Mentega putih/margarin 100 g
Gula pasir 100 g
Air/air dingin 1250 ml air
Susu bubuk 30 g
Garam halus 25 g
Olesan:           
Susu tawar cair 60 ml
Isi:
Kismis 60 g
Cara Membuat:
1.Masukkan tepung terigu, cokelat bubuk, ragi, gula pasir, susu bubuk dan garam, ke dalam mangkuk adonan/mangkuk mixer. Aduk rata.
2.Tambahkan air/air dingin, pasta cokelat dan mentega/margarin. Aduk dengan mixer roti kecepatan 2 selama 12 menit atau hingga adonan kalis dan elsatis. Mengaduk adonan bisa dilakukan manual dengan tangan hingga adonan kalis.
3.Bulatkan adonan, fermentasikan adonan/diamkan adonan di tempat yang hangat dan tertutup rapat selama 30 menit (10-15 menit jika di fermentasikan di dalam lemari pengembang/proving cabinet).
4.Kempeskan adonan, timbang masing-masing seberat 325 g untuk loyang ukuran 22 x 10 x 7 cm atau disesuaikan dengan besarnya cetakan roti tawar yang akan digunakan. Bulatkan kembali adonan dan fermentasikan lagi selama 15 menit. Olesi permukaanya dengan susu tawar cair.
5.Giling adonan dan bentuk bulat panjang dengan cara digulung sambil dipadatkan. Letakan di dalam loyang beroles margarin/mentega.
6.Diamkan adonan selama 1 jam atau hingga adonan mengembang. Panggang di dalam oven bertemperatur 190oC selama 30 menit atau hingga roti matang dan berwarna kuning kecoklatan.

7.Angkat roti dari oven, dinginkan. Kemas dengan pelastik./plastik wrap/kertas roti. Roti siap di pasarkan.

Untuk 9 Loyang

Tip: Panas tangan atau mixer selama pengadukan bisa menyebabkan lemak mencair. Jika hal ini terjadi adonan menjadi tidak baik dan hasil roti menjadi tidak bisa mengembang sempurna. Karenanya penggunaan air sebaiknya air dingin/air es dan meja pengadukan sebaiknya terbuat dari keramik/marmer karena sifatnya dingin.