Jumat, Mei 06, 2022

MENGENAL SAYURAN KOL DAN KEMBANG KOL SERTA KANDUNGAN GIZINYA

 Kol dan kembang kol adalah sayuran yang kaya serat, vitamin dan mineral. Yuk mengenal kandungan gizi dan manfaat dua sayuran ini.

Kembang Kol (Brasica oleracea var. Botrytis)

Sayuran bunga ini sangat kaya akan mineral dan vitamin. Setiap 100 g kembang kol mengandung energi 32 kkal, protein 2.4 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 5.1 g, kalsium 22 mg, fosfor 72 mg, zat besi 1.1 mg, retinol 27 mcg, thiamine 0.11 mg dan asam askorbat 65 mg. Kembang kol juga kaya akan kandungan phytochemical dalam bentuk senyawa polifenol berupa sulforaphane dan isothiocyanat. senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan pencegah sel kanker. Kembang kol juga kaya akan serat yang dapat memperlancar buang air besar, menjaga saluran pencernaan, mencegah kanker kolon serta mengikat zat karsinogen di dalam saluran pencernaan. Tigginya kalsium dan fosfor di dalam kembang kol menjadikan sayuran ini baik untuk menjaga tulang terhindar dari osteoporosis.

Kubis/kol (Brassica oleracea)                                   

Maik kol merah maupun kol putih, kekduanya kaya akaan mineral kalsium, fosfor dan vitamin A. Setiap sekitar 100 g kubis mengandung 18 mg vitamin C, 2.170 IU vitamin A, 116 mg magnesium, 31 mg fosfor, 0.6 zat besi, 18 mg sodium dan 214 mg potasium.  

Sebuah penelitian  menunjukan, kubis alias kol mengandung  indole-3-carbinol yang mempunyai efek kemoprotektif (pencegah kanker).  Sayuran ini juga kaya dengan kandungan betakaroten, vitamin B1, B2, B3, C dan E.  Manfaat mengkonsumsi jus kol adalah dapat menurunkan resiko gangguan jantung dan terjadinya stroke. Mengurangi resiko kanker lambung, kanker usus besar (kolon), mempercepat penyembuhan bisul, mengurangii resiko terserang katarak dan menurunkan kada kolesterol jahat atau LDL ( Low Density Lipoprotein). Teks/foto; Budi Sutomo.