Jumat, Mei 06, 2022

MENGENAL MANFAAT LABU SIAM DAN LABU KUNING SERTA KANDUNGAN GIZINYA

Labu siam dan labu kuning dua jenis sayuran yang kaya akan nutrisi esensial. Yuk kita bedah manfaat dan kandungan gizi dua bahan pangan ini.
Labu Siam (Sechium edule)
Di dalam 100 gr labu siam terkandung,  energi 29 kkal, protein 0.6 g, lemak 0.1 g, karbohidrat 6.5 g, kalsium 14 mg, fosfor 25 mg, zat besi 0.5 mg, retinol 6 mcg, thiamine 0.02 mg dan asam askorbat 18 mg. labu siam juga mengandung vitamin A, B, C, niasin, dan sedikit albuminoid.        
 
Karena bersifat dingin, labu siam terasa sejuk dan dingin di perut, sangat baik untuk menurunkan panas dalam dan demam. Selain itu, labu siam juga mengandung zat alkoloid, saponindan tannin. Sifatnya diuretik dan mampu membuka pembuluh darah terumbat, sangat baik bagi penderita darah tinggi dan stroke. Labu siam juga dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Serat di dalam labu berperan dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan.
 
Labu Kuning ( Cucurbita moschata)
Labu yang dikenal dengan sebutan labu parang ini kaya akan vitamin dan mineralnya cukup tinggi. Meliputi betakaroten, vitamin B1, vitamin C, kalsium, fosfor, besi, kalium dan natrium. Sekitar 100 g labu kuing mengandung vitamin A 29.030 IU, vitamin C 23 mg, magnesium 66 mg, kalsium 113 mg, fosfor 118 mg, sat besi 1.8 mg, sodium 9 mg dan potasium 1.089 mg.

Nutrisi yang dikandungnya menjadikan labu kuning berhasiat meningkatkan kekebalan tubuh.  Betakaroten  yang dikandung  labu kuning berperan mencegah serangan jantung. Sementara  kandungan vitamin B1, C dan seratnya memakin memperkuat peran labu parang sebagai pencegah penyakit jantung dan stroke. Manfaat lain labu kuning adalah mengobati demam, migrain, diare, penyakit ginjal, gout serta membantu menyembuhkan radang. Teks/foto: Budi Sutomo.