Kamis, Mei 05, 2022

MENGENAL KACANG HIJAU, MANFAT DAN KANDUNGAN GIZINYA

Kacang kedelai bahan pangan yang sangat kaya akan unsur gizi. Bahan pangan ini adalah sumber protein nabati yang baik. Kacang kedelai bisa diolah menjadi tempe. tahu, susu kedelai, dan aneka ragam masakan yang lain.
Kacang Kedelai (Glycine max)
Kacang kedelai mengandung protein nabati yang cukup tinggi, zat gizi esensial juga lengkap terkandung di dalam kacang ini. Setiap 100 g kacang kedelai mengandung energi 442 kkal, protein 22.2 g, lemak 18.1 g, karbohidrat 34.8 g, kalsium 227 mg, fosfor 585 mg, zat besi 8.0 mg, retinol 33 mcg dan thiamine 1.07 mg.

Kebiasaan mengkonsumsi kedelai dapat membantu mencegah dan mengobati beragam penyakit seperti:  Kanker payudara, kanker usus besar serta kanker prostat. Penyakit jantung juga bisa di cegah dengan banyak mengkonsumsi kedelai. Manfaat ini diperoleh karena adanya senyawa phytoestrogen dan isoflavon. Kedelai juga ampuh mengontrol diabetes (kencing manis), ini  karena adanya serat makanan bersifat larut sehingga dapat menurunkan kolesterol, dan gula darah. Kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi dalam kedelai mencegah osteoporosis (kerapuhan tulang), apalagi didukung adanya peptida hasil pencernaan kacang kedelai yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium oleh usus. Kedelai juga bersifat antioksidan penangkal radikal bebas penyebab kanker dan beragam ganguan kesehatan lainnya. Teks/foto: Budi Sutomo.