Jumat, Mei 06, 2022

MANFAAT DAN KANDUNGAN GIZI CINCAU HIJAU, MENURUNKAN TEKANAN DARAH, ANTI DEMAM DAN MEREDAKAN PANAS DALAM

Cincau  Hijau ( Cyclea barbata)

Setiap 100 g cincau hijau mengandung energi 122 kkal, protein 6 g, lemak 1 g, karbohidrat 26 g, kalsium 100 mg, fosfor 100 mg, zat besi 2.3 mg.vitamin A 10.750 SI, Vitamin B1 80 mg, dan vitamin C 17 mg.

Cincau yang berbentuk agar-agar itu berasal dari daun cincau yang diremas-remas dan dicampur air matang. Air campuran itu akan berwarna hijau. Setelah disaring dan dibiarkan mengendap, akan terdapat lapisan seperti agar-agar yang berwarna hijau.

Cincau hijau sangat baik dalam mengatasi panas dalam dan sariawan. Farmakologi Cina dan pengobatan tradisional, mengungkap manfaat cincau untuk anti demam, meredakan panas dalam, anti racun, bahkan dapat menurunkan tekanan darah. Khasiat yang terdapat dalam cincau berasal dari unsur fitokimiaa yang terkandung di dalam cincau. Tanaman tersebut mengandung karbohidrat yang dapat menyerap air, zat lemak (10%), alkaloid siklein, kardioplegium, tentradine, dan dimetil tenradine. Selain itu, cincau juga mengandung pilifenol, sapinoid, dan flavonoida yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Teks/foto: Budi Sutomo.