Jumat, Mei 06, 2022

MANFAAT BUAH AMRKISA CEGAH DIARE DAN REDAKAN SAKIT KEPALA

Buah markisa mengandung beragam vitamin, mineral dan serat yang tinggi. Buah ini juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Yuk simak manfaat buah markisa.

Markisa (Passiflora edulis)

Banyak varietas markisa, seperti yang berkulit ungu dan kuning. Setiap satu buah markisa warna ungu mengandung fosfor 12 mg, zat besi 0.3 mg, kalsium 2 mg, potasium  63 mg, sodium 5 mg, vitamin A 130 IU, vitamin C 5 mg dan magnesium 5 mg.

Banyak sekali manfaat buah markisa bagi kesehatan. Ini terkait dengan kandungan nutrisi terkandung dan Manfaat buah markisa berkhasiat sebagai pereda nyeri,  antikejang, kolitis, penenang dan antiradang. Ganguan seperti sembelit, disentri, insomnia, gangguan haid, batuk, serak, tenggorokan kering juga bisa dihalau dengan buah ini Daging buah markisa digunakan untuk merilekskan saraf saat sakit kepala, meredakan diare dan neurastenia (kelelahan kronis, lemah, tidak nafsu makan, tidak bisa konsentrasi, dan susah tidur). 

Penelitian invitro di University of Florida juga mendapati bahwa ekstrak buah markisa kuning banyak mengaandung fitokimia yang mampu membunuh sel kanker. Fitokimia tersebut antara lain polifenol dan karotenoid. Kandungan fitokimia yang lain dalam markisa adalah harman, harmol, harmalin, passaflorine, harmine,  karotenoid, viteksin, krisin dan isoviteksin. Sedangkan kandungan gizinya antara lain  energi, lemak, protein, serat, mineral kalsium,fosfor, zat besi, karoten, tiamin, riboflavin, niasin, asam askorbat dan asam sitrat. Teks/foto: Budi Sutomo.