Jumat, Mei 06, 2022

MANFAAT BAWANG PUTIH, MENCEGAH PEMBEKUAN DARAH, MENGURANGI RISIKO KANKER DAN MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL

Bawang Putih (Allium sativum)

Pemanfaatan bawang putih sebagai obat sudah dulu, bumbu ini banyak sekali mengandung zat gizi dan fitonutrien yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Setiap 100 g bawang putih mengandung energi 112 kkal, protein 4.5 g, lemak 0.2 g, krbohidrat 23.1 g, kalsium 42 mg, zat besi 1.0 g, fosfor 134 mg, thiamine 0.22 mg, dan asam askorbat 15 mg.

Penelitian ilmiah menemukan khasiat bawang putih, rempah ini dapat menurunkan kadar kolesterol serta mengurangi terjadinya pembekuan darah di dalam pembuluh nadi jantung yang menyempit. Selain itu, bawang putih dapat mengurangi risiko kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlampat proses penuaan dini, memperbaiki gangguan tekanan darah tinggi, mencegah rematik, dan mengurangi rasa sakit pada tulang.

Ekstrak bawang putih mengandung antioksidan yang mermanfaat  untuk melawan oksidasi dari serum lemak. Hasil riset menunjukkan, kadar kolesterol LDL dapat diturunkan tanpa mengganggu kadar kolesterol HDL. Ekstrak bawang putih  juga terbukti bermanfaat untuk memelihara aliran darah tetap lancar. Teks/foto: Budi Sutomo.