WISATA ALAM KE CAGAR ALAM PANANJUNG PANGANDARAN - JAWA BARAT

CAGAR ALAM PANANJUNG - Berwisata Sambil Melihat Beragam Satwa di Alam Bebas

Provinsi Jawa Barat memiliki banyak daerah wisata unggulan salah satunya adalah Kawasan Konservasi Cagar Alam Pananjung di Pangandaran.  Carag alam ini menyimpan beragam kakayaan flora dan fauna langka khas Indonesia.

Jika Anda mengunjungi Pantai Pangandaran,  tidak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan mampir ke Cagar Alam Pananjung. Lokasinya sangat dekat dengan Pantai Pangandaran, sekitar 15 menit ditempuh menggunakan perahu motor.  Pulau kecil seluas ± 530 hektar ini terlihat jelas dari Pantai Pangandaran. Di kawasan ini beragam flora dan fauna khas dibiaran tumbuh dan berkembang secara alami sesuai habitat aslinya. 

Pantai Berpasir Putih

Kawasan konservasi Pananjung terletak di pulau kecil yang memiliki pantai landai berpasir putih, karenanya pantai di sini sering juga disebut sebagai Pantai Pasir Putih. Air lautnya sangat jernih, sangat cocok untuk kegiatan berenang atau snorkling.  Ombak laut yang kecil membuat pengunjung dapat bermain air laut sesuka hati.

Di pantai ini Anda juga bisa menikmati sunset yang sangat indah. Kawasan ini juga tersedia area buat berkemah, sehingga Anda bisa menikmati suasana pulau yang asri di malam hari. Di pulau ini Anda juga tidak akan mati gaya, beragam aktifitas dapat dilakukan, seperti snorkling. Spot menarik buat snorkling terdapat disepanjang tepi pantai dengan keanekaragaman biota laut, seperti ikan dan terumbu karang yang masih terjaga asri. Jika Anda hobi memancing, Cagar Alam Pananjung memang surganya. Beragam jenis ikan masih banyak dijumpai dan Anda bisa memancing sembari menimati semilir angin laut serta pemandangan yang asri.

Kaya Flora & Fauna

Puas menikmati pantai, saatnya Anda masuk lebih ke dalam melihat kekayaan flora dan fauna di kawasan konservasis. Begitu masuk kawasan, Anda akan disambut dengan pohon-bohon besar jenis beringin dengan akarnya yang kokoh menanjap di tanah. Sungguh pemandangan langka yang sangat khas ala hutan hujan tropis.

Menurut pemandu wisata, hutan sekunder di kawasan konservasi telah berusia 50-60 tahun sehingga masuk akal jika banyak sekali dijumpai pohon besar yang sangat rimbun. Jenis tanaman langka seperti laban, kisegel, merong, kondang, barringtonia, butun, ketapang, dan benda . Bahkan tanaman langka seperti bunga raflesia juga bisa dijumpai di kawasan ini. Formasi tanaman yang tumbuh secara alami terlihat sangat menarik. Apalagi sesekali dijumpai lahan datar yang hanya ditumbuhi tanaman semak pendek. Terlihat kontras dengan pohon-pohon besar disekelilingnya.

Tidak hanya kekayaan flora, fauna di kawasan konserfasi juga sangat banyak. Beragam jenis burung, ular, kera ekor panjang, biawak, rusa, dan tentu saja penyu laut masih banyak dan mudah dijumpai. Jika Anda sedang berjalan, sesekali Anda akan bertemu dengan satwa ini. Pastikan kamera tetap ditangan agar Anda bisa menangkap momenn untuk mengabadikan kehidupan satwa dilindungi ini.

Banyak Gua Bersejarah

Masuk lebih dalam ke kawasan konservasi Anda akan  menjumpai banyak gua, seperti Gua Panggung, Gua Parat, Gua Lanang, Gua Sumur Mudal, dan gua-gua peninggalan Jepang.

Gua-gua ini memiliki legenda yang berbeda. seperti legenda Gua Parat. Gua ini dulu tempat bertapa dan bersemedi beberapa pangeran dari Mesir, yaitu Pangeran Kesepuluh (Syekh Ahmad), Pangeran Kanoman (Syekh Muhammad), Pangeran Maja Agung, dan Pangeran Raja Sumenda.

Gua yang lain adalah Gua Panggung, menurut  motos masyarakat sekitar gua ini adalah tempat Embah Jaga  Lautan atau disebut pula Kiai Pancing Benar. Beliau merupakan anak angkat dari Dewi Loro Kidul dan ibunya menugaskan untuk menjaga lautan di daerah Jawa Barat. Gua Lanang lain pula ceritanya, konon gua ini merupakan merupakan keraton pertama Kerajaan Galuh.

Banyak pilihan wisata menarik bukan di Konservasi Cagar Alam Pananjung? Makanya segera siapkan ransel Anda, dan segera kunjungi lokasi wisata ini karena Anda akan mendapatkan pengalaman wisata yang lain dari biasanya. Selamat Berlibur! Budi Sutomo.

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

EUPHORBIA, Bunga Cantik Pembawa Hoki

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas