Senin, April 25, 2022

TIP SUKSES MEMBUAT KUE ONDE-ONDE KETAN YANG BERONGGA WANGI DAN KENYAL - PENYEBAB ONDE-ONDE TIDAK MENGEMBANG DAN KEMPES - ANEKA RESEP ONDE-ONDE WIJEN

SUKSES MEMBUAT ONDE-ONDE KETAN

Onde-onde ketan yang berkualitas baik adalah isi terpisah dengan kulitnya, sehingga jika kue digoyang-goyang, akan terasa bagian isi dan kulit tergoyang terpisah. Selain itu, onde-onde harus berbentuk bulat utuh dan biji wijen melekat sempurna di seluruh permukaan onde-onde. Resep/foto/dapur uji: Budi Sutomo.

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!



1. Onde-onde ketan kempes. Penyebab: Adonan terlalu banyak saat digoreng, onde-onde ditumpuk ketika masih panas, atau adonan terlalu banyak mengandung air.

2. Isi tidak bulat dan menyatu dengan kulit. Penyebab: Isi terlalu lembek atau terlalu banyak.

3. Onde-onde berminyak. Penyebab: Minyak kurang panas atau terlalu banyak minyak saat menggoreng adonan.

4. Biji wijen terlepas. Penyebab: Adonan kurang ditekan saat digulingkan ke biji wijen atau terlalu banyak diaduk-aduk ketika digoreng. Membasahi permukaan adonan dengan sedikit air  sebelum digulingkan ke atas biji wijen akan membuat biji wijen melekat erat dan tidak mudah lepas saat digoreng.

5. Onde-onde pecah. Penyebab: Isi terlalu banyak, minyak terlalu panas, atau saat membentuk kurang rapi sehingga ada bagian yang berlubang.

Onde-Onde

Bahan Biang:

60 ml air mendidih

1 sdm tepung kanji

Bahan Kulit:

350 g tepung ketan

50 g gula halus

230 ml air

½ sdt garam halus

60 g biji wijen

Minyak untuk menggoreng

Bahan Isi:

250 g kacang hijau

150 g gula halus

100 ml santan kental

1 lembar daun pandan, potong-potong

¼ sdt garam halus

½ sdt pasta/bubuk vanili

Cara Membuat:

1. Isi: Rendam kacang hijau selama 3 jam. Kukus selama 50 menit atau hingga empuk. Angkat, haluskan.

2. Campur kacang hijau yang telah dihaluskan dengan santan, gula halus, garam, dan pasta/bubuk vanili. Aduk rata. Masak sambil diaduk-aduk hingga terbentuk adonan yang kalis dan bisa dibentuk. Angkat, dinginkan. Ambil satu sendok makan adonan. Bentuk menjadi bulatan-bulatan. Sisihkan.

3. Biang: Tuang air panas sedikit demi sedikit ke dalam tepung kanji sambil diaduk-aduk hingga tepung larut dan tekstur mengental. Sisihkan.

4. Kulit: Rebus air dengan gula dan garam. Masak hingga mendidih. Tuang air rebusan gula panas ke dalam tepung ketan sedikit demi sedikit sambil daduk hingga tercampur rata. Tambahkan adonan biang. Uleni hingga terbentuk adonan yang kalis dan bisa dibentuk.

5. Ambil dua sendok makan adonan, bentuk menjadi bulatan, pipihkan. Letakkan satu bahan isi di tengah-tengah kulit, bulatkan.

6. Gulingkan adonan yang telah dibentuk ke atas wijen. Tekan-tekan agar wijen menempel di seluruh permukaan adonan.

7. Panaskan minyak yang banyak. Goreng onde-onde hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, dinginkan. Atur di dalam pinggan saji. Hidangkan.

Untuk 20 buah

Tip:

Goreng onde-onde sambil digoyang-goyang agar bentuknya bulat dan matang merata.