Minggu, April 24, 2022

TIP SUKSES MEMBUAT BOLU GULUNG PANDAN - RAHASIA SUKSES MEMBUAT BOLU GULUNG - RESEP BOLU GULUNG LEMBUT ANTI GAGAL - MENGAPA BOLU GULUNG KERAS DAN PECAH?

MEMBUAT BOLU GULUNG LEMBUT

Banyak orang yang enggan membuat bolu gulung atau roll cake karena takut gagal. Padahal jika rajin berlatih dan mengikuti petunjuk resep dengan benar, membuat bolu gulung sangat mudah. Perhatikan hal-hal berikut agar bolu gulung berhasil dengan baik.

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!

1. Pastikan komposisi resep dan cara pembuatan diikuti dengan benar, ukuran yang salah seperti kebanyakan tepung terigu akan membuat tekstur bolu keras dan patah saat digulung.

2. Panggang bolu gulung di suhu yang tinggi agar bolu matang namun tetap lembut karena tidak banyak kandungan air yang menguap. Memanggang bolu gulung dalam suhu rendah akan membuat tekstur bolu justru akan kering, keras, dan pecah saat digulung.

3. Gulung saat bolu masih hangat, menggulung bolu ketika sudah dingin akan membuat permukaan bolu pecah.

4. Gunakan selalu kertas roti sebagai alas adonan bolu gulung agar bolu mudah dikeluarkan.

5. Selalu meratakan adonan sebelum dipanggang dalam oven agar tingkat ketebalan bolu rata dan tidak bergelombang ketika digulung.

6. Agar penampilan bolu gulung terlihat cantik, gunakan bagian permukaan bolu yang mulus untuk bagian luar bolu dan bagian sisi bawah yang menempel ke loyang menjadi bagian dalam.

Bolu Gulung Pandan

Bahan:

100 g tepung terigu rendah protein (Cap Kunci)

4 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya

60 g minyak goreng

60 ml susu tawar cair

1 sdt pasta pandan

½ sdt krim tartar

60 g gula halus

¼ sdt garam halus

Lapisan:

200 g butter cream

100 g keju cheddar, parut

Cara Membuat:

1.  Campur susu tawar cair, pasta pandan, dan minyak, aduk rata. Masukkan kuning telur dan tepung terigu ke dalam campuran susu, aduk rata. Sisihkan.

2. Di tempat terpisah, kocok putih telur dengan krim tartar, gula halus, dan garam menggunakan mixer hingga mengembang kaku.

3. Tuang campuran tepung dan susu ke dalam kocokan putih telur sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga tercampur rata.

4. Tuang adonan ke dalam loyang ukuran 28 x 28 x 4 cm yang telah dialas dengan kertas roti, ratakan.

5. Panggang di dalam oven bertemperatur 180 derajat celsius selama 30 menit atau hingga kue matang. Angkat.

6. Selagi hangat, olesi permukaan kue dengan butter cream, gulung, dan padatkan. Olesi sisi atas kue dengan butter cream dan taburi dengan keju cheddar parut. Potong-potong, atur dalam piring saji. Hidangkan.

Untuk 10 Potong