Minggu, April 24, 2022

TIP MEMBUAT ROTI EMPUK DAN HARUM - RAHSIA SUKSES MEMBUAT ROTI MANIS - RESEP ANEKA ROTI MANIS

KIAT MEMBUAT ROTI EMPUK DAN HARUM

Roti yang empuk memang lebih diminati. Berikut kiat khusus agar roti empuk dan berserat halus.

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!

1. Roti yang bertekstur empuk, berserat halus, serta harum bisa dihasilkan dengan menambah jumlah cairan (air atau susu tawar cair) dan lemak sebanyak 5 persen dari ukuran resep standar. Untuk hasil roti yang lebih harum, ganti penggunaan air di dalam resep dengan susu tawar cair. Kandungan lemak yang tinggi di dalam susu akan memberi aroma harum dan tekstur lebih lembut.

2. Gunakan oven yang memiliki semprotan uap air secara otomatis, atau letakkan semangkuk kecil air di dalam oven. Dengan adanya semprotan uap air, tekstur roti menjadi lebih lembut dan berkulit tipis.

3. Suhu oven juga sangat mempengaruhi hasil roti, gunakan kisaran suhu 200 derajat celsius. Suhu oven yang terlalu rendah akan menyebabkan roti menjadi keras.

4. Jangan membiarkan adonan terbuka terlalu lama karena bisa menyebabkan permukaan adonan menjadi kering dan hasil roti menjadi keras.

5. Tambahkan pengempuk roti seperti bread improver. Bahan ini akan meningkatkan tekstur roti menjadi lebih lembut. Tambahkan 2 sendok teh setiap penggunaan 1 kilogram tepung terigu.

6. Selalu gunakan tepung terigu protein tinggi (hard wheat) untuk membuat roti. Kandungan gluten yang tinggi di dalam tepung protein tinggi akan menghasilkan adonan yang elastis, mudah difermentasi, dan hasil akhir roti yang lembut.

7. Penggunaan mentega akan menghasilkan tekstur roti yang lebih lembut dan harum dibandingkan margarin. Gunakan perbandingan 50:50 antara margarin dan mentega.

 

TIP SUKSES MEMBUAT ROTI MANIS

Roti manis terbuat dari adonan yang banyak mengandung gula sehingga memiliki rasa yang manis. Jenis roti manis banyak sekali ragamnya seperti roti isi abon, roti isi selai, roti unyil, roti bun, roti isi keju, roti isi cokelat, dan roti isi pisang.

Agar roti manis yang dihasilkan bertekstur empuk, berwarna menarik, bercita rasa lezat, dan beraroma harum, perhatikan beberapa hal sebagai berikut.

1.Gunakan bahan berkualitas baik, timbang bahan secara tepat, dan ikuti proses pembuatan sesuai petunjuk resep agar hasil roti maksimal.

2.Gunakan kisaran suhu 180-190 derajat celsius untuk memanggang roti manis, karena roti ini banyak mengandung gula. Suhu oven yang terlalu tinggi akan menyebabkan permukaan roti gosong namun bagian dalamnya masih mentah.

3.Seringkali permukaan roti manis berkeriput. Ini bisa disebabkan karena proses fermentasi (pengembangan adonan) yang terlalu lama, terlalu banyak air atau lemak, serta pengadukan yang terlalu lama.

4.Tekstur roti manis yang benar adalah lembut dan berserat halus. Jika hasil roti bertekstur kasar dan keras berarti disebabkan oleh salahnya memilih tepung terigu, fermentasi yang kurang lama, atau suhu oven yang terlalu rendah sehingga roti berkulit tebal, kering, dan keras.

5.Ada kalanya isi roti keluar dan bentuk roti tidak cantik. Penyebabnya antara lain adalah penipisan adonan yang berlebihan (terlalu tipis), pembentukan adonan yang tidak rapi, atau isi yang terlalu banyak.

Roti Bun Isi Cokelat

Bahan:

500 g tepung terigu protein tinggi/hard wheat

100 g gula pasir

10 g ragi instan

4 butir kuning telur

100 g mentega

150 ml air

2 sdm susu bubuk

1 sdm bread improver

1 sdt garam halus

 Isi:

200 g meises cokelat

60 g manisan ceri merah, belah dua

 Olesan, aduk rata:

3 butir kuning telur

4 sdm susu tawar cair

Cara Membuat:

1.  Campur tepung terigu dengan gula pasir, ragi instan, susu bubuk, bread improver, dan garam. Aduk rata.

2.  Masukkan kuning telur, aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Tambahkan mentega, uleni kembali hingga adonan benar-benar kalis.

3.  Bulatkan adonan, tutup dengan serbet bersih. Diamkan selama 1 jam agar adonan mengembang dua kali lipat dari besar semula.

4.  Kempeskan adonan, potong menjadi 40 g. Isi dengan 1 sendok makan meises, bulatkan kembali. Atur adonan yang telah dibentuk di atas loyang beroles margarin, potong dengan pisau tajam bagian sisinya menjadi beberapa keratan sehingga bentuknya menyerupai kelopak bunga. Tambahkan potongan buah ceri tepat di tengah adonan.

5.  Olesi permukaan roti dengan bahan olesan. Diamkan selama 25 menit.

6. Panggang di dalam oven bertemperatur 200 derajat celsius selama 20 menit atau hingga roti matang. Angkat. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.

Untuk 20 buah

Roti Isi Selai Stroberi

Bahan:

500 g tepung terigu protein tinggi/hard wheat

100 g gula pasir

10 g ragi instan

4 butir kuning telur

100 g mentega

150 ml air

2 sdm susu bubuk

1 sdm bread improver

1 sdt garam halus

Isi:

200 g selai stroberi

Olesan, aduk rata:

3 butir kuning telur

4 sdm susu tawar cair

Cara Membuat:

1.  Satukan tepung terigu dengan gula pasir, ragi instan, susu bubuk, bread imrpover, dan garam. Aduk rata.

2.  Tuang kuning telur, aduk rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Tambahkan mentega, uleni kembali hingga adonan benar-benar kalis.

3.  Satukan adonan dan bulatkan, lalu fermentasikan adonan di tempat yang hangat selama satu jam, atau hingga adonan mengembang dua kali lipat dari besar semula.

4.  Keluarkan gas dari dalam adonan dengan cara di tekan-tekan. Potong-potong adonan menjadi 40 g. Bentuk adonan menjadi bulat pipih, dan isi dengan 1 sendok makan selai stroberi. Bulatkan kembali.

5.  Kerat tepat di bagian tengah adonan dengan pisau tajam hingga terlihat selai stroberi. Tarik masing-masing ujung adonan ke arah luar sehingga bagian isi terbuka dan terlihat dengan jelas.

6.  Atur adonan yang telah dibentuk di atas loyang beroles margarin. Olesi permukaannya dengan bahan olesan. Fermentasikan lagi selama 30 menit.

7.  Panggang di dalam oven bertemperatur 200 derajat celsius selama 20 menit atau hingga roti matang. Angkat dan atur di dalam piring saji. Hidangkan.

Untuk 20 buah