Minggu, April 24, 2022

TIP KIAT SUKSES MEMBUAT PUFF PASTRY - RAHASIA PUFF PASTRY RENYAH DAN BERLAPIS - BAGAIMANA CARA MEMBUAT ADONAN PUFF PASTRY YANG BENAR?

KIAT SUKSES MEMBUAT PUFF PASTRY

Jika kebanyakan roti menggunakan ragi sebagai bahan pengembang, jenis puff pastry justru tidak menggunakan ragi. Ciri khas dari roti ini adalah tekstur kue yang renyah dan berlapis-lapis. Perlu ketelatenan saat membuat adonan puff pastry karena prosesnya cukup lama dan menggunakan teknik adonan lipat. Berikut rahasia sukses membuat puff pastry.



1. Gunakan jenis tepung terigu tinggi protein agar dihasilkan adonan yang elsatis dan mudah digiling.

2. Kualitas korsvet/pastry margarine harus baik, padat, dan tidak meleleh agar saat dibuat adonan akan terbentuk lapisan antara adonan tepung dan lemak, sehingga dihasilkan puff pastry yang berlapis-lapis.

3. Saat membuat adonan, jangan menggiling adonan puff pastry terlalu tipis karena lapisan lemak akan menembus lapisan tepung sehingga adonan menyatu dan tidak terbentuk lapisan saat dipanggang. Giling secara searah.

4. Gunakan pisau yang tajam untuk memotong adonan puff pastry agar lapisan lemak tidak rusak.

5. Dinginkan setiap kali habis menggiling dan melipat adonan agar korsvet tidak menjadi lembek atau meleleh, yang bisa menyebabkan lapisan tidak terbentuk.

6. Perhatikan saat mengolesi kuning telur di permukaan puff pastry, jangan sampai bahan olesan menutupi lapisan puff pastry sehingga kue tidak mengembang.

7. Gunakan suhu oven yang panas agar terbentuk lapisan yang baik. Suhu yang tepat adalah dalam kisaran 200-210 derajat celsius.

8. Turunkan suhu oven ketika lapisan telah terbentuk dan kue kering sempurna agar dihasilkan tekstur puff pastry yang renyah.

9. Puff pastry bisa menjadi lembap dan lembek di bagian bawah dan tengah apabila olesan lemak pada loyang terlalu tebal, suhu oven kurang panas, atau bentuk adonan terlalu tebal.

10.  Istirahatkan adonan sekitar 15 menit di dalam kulkas setiap kali adonan habis di lipat dan digiling.

11.Ketebalan akhir adonan sebelum dibentuk adalah 1-2 cm, jangan menggiling terlalu tipis karena bisa menyebabkan lapisan tidak terbentuk atau rusak.

12. Jangan menggunakan lemak terlalu banyak karena bisa menyebabkan puff pastry lembap dan kurang renyah teksturnya. Teks/foto: Budi Sutomo