Kamis, April 28, 2022

RESEP KUE TRADISIONAL TALAM KETAN LABU KUNING - RESEP MUDAH MEMBUAT JAJAN PASAR YANG LEGIT DAN LARIS DIJUAL

Kue talam ketan labu kunig terasa pas, legitnya ketan dengan gurihnya santan, ditambah lapisan labu kuning membuat kue ini sangat istimewa. Resep/foto/dapur uji: Budi Sutomo.

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!  
Talam Ketan Labu Kuning
Bahan A:
400 g beras ketan, rendam 1 ½ jam
250 ml santan dari ½ butir kelapa
2 lembar daun pandan
½ sdt garam halus
Bahan B:
4 butir telur
40 g tepung beras
150 g gula merah, iris halus
40 g gula pasir
250 ml santan dari ½ butir kelapa
100 g labu kuning, kukus, haluskan
2 tetes pewarna kuning
½ sdt garam halus
¼ sdt vanili bubuk
Cara Membuat:
1.   Adonan A: Kukus ketan hingga setengah matang, angkat. Didihkan santan, daun pandan dan garam dalam panci, masukkan ketan yang sudah dikukus, aduk hingga santan terserap habis.Kukus kembali ketan hingga matang, angkat.
2.   Siapkan loyang cake/pinggan tahan panas ukuran 15 x 15 x 4 cm yang sudah dialas dengan plastik. Masukkan ketan hingga setengah dari tinggi loyang, ratakan. Sisihkan.
3.   Adonan B: Di tempat terpisah, kocok telur, gula merah, gula pasir, pewarna kuning, garam, dan vanili bubuk. Tambahkan tepung beras, labu kuning, dan santan sedikit demi sedikit hingga tercampur rata. Panaskan adonan hingga hangat dan agak kental (bukan mendidih).
4.   Tuangkan adonan B ke atas adonan A hingga loyang penuh. Kukus selama 50 menit atau hingga kue matang. Angkat, setelah dingin potong-potong. Atur di atas piring saji. Hidangkan.
Untuk ± 15 potong

Tip: Tambahkan 100 g gula merah atau gula pasir, saat merebus adonan santan untuk ketan jika Anda menghendaki citarasa ketan yang manis.