Selasa, April 12, 2022

RESEP KUE TALAM PANDAN - RESEP KUE TAKO - RESEP KUE TALAM UBI - RESEP KUE TALAM BERAS - ANEKA KUE TALAM - TALAM COKELAT - TALAM PISANG - TALAM LABU KUNING

Kue talam pandan ala Thailand atau sering di sebut kue tako. Aromanya wangi rasanya manis, legit dan lembut. Berikut resepnya untuk anda. Resep/dapur uji/foto: Budi Sutomo.
Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!


Talam Pandan ( Tako )
Bahan A:
100 g Tepung beras
100 g Gula pasir
6 g Bubuk agar-agar putih
500 ml Santan kental dari ½ butir kelapa
60 ml Air perasan daun suji
¼ sdt Pasta pandan/pewarna hijau
½ sdt Garam halus
Bahan B:
60 g Tepung beras
500 ml Santan kental dari ½ b utir kelapa
6 g Bubuk agar putih 
½ sdt Garam halus
Cara Membuat:
1. Bahan A: larutkan bubuk agar dalam santan, tepung beras, gula pasir, air perasan daun suji, pasta pandan dan garam dalam panci. Aduk rata. Rebus hingga mendidih, kental dan matang. Angkat.
2. Siapkan takir dari daun pandan atau cetakan talam yang telah diolesi dengan sedikit minyak. Tuang adonan A ke dalam takir hingga separuh dari tinggi takir/cetakan. Dinginkan.
3. Adonan B: Larutkan tepung beras, bubuk agar dan garam dalam santan. Didihkan hingga kental dan adonan meletup-letup. Angkat.
4. Tuang adonan B ke atas adonan A hingga takir/cetakan penuh. Dinginkan hingga mengeras. Atur talam di atas piring saji, hidangkan.
Untuk ± 10 buah  

Tip: Agar warna santan bagus, kupas dulu kulit kelapa sebelum diparut dan diperas santannya. Untuk hasil santan yang banyak, peras kelapa parut dengan air hangat.