Minggu, April 24, 2022

RAHASIA SUKSES MEMBUAT MUFFIN - MEMBUAT MUFFIN LEMBUT DAN EMPUK - ANEKA RESEP MUFFIN - TIP ANTI GAGAL MEMBUAT MUFFIN DAN CUPCAKE

SUKSES MEMBUAT MUFFIN

Kue muffin merupakan kue klasik yang tetap disuka hingga sekarang. Bentuknya yang mini dengan beragam isi membuat kue ini tidak membosankan untuk disantap. Resep klasik muffin pada umumnya bertekstur agak padat, karena kue ini dibuat dengan teknik pengocokan telur yang tidak terlalu lama. Di negara barat, muffin biasanya dimakan untuk sarapan, atau snack di antara waktu makan sehingga bersifat agak mengenyangkan. Namun masyarakat Asia lebih menyukai tekstur muffin yang empuk dan lembut, dan memakan muffin sebagai snack atau camilan. Perhatikan tip berikut agar pembuatan muffin berhasil dengan baik.

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!

1. Selalu menimbang bahan sebelum digunakan sesuai takaran resep. Ikuti proses pembuatan sesuai petunjuk agar dihasilkan kue yang mengembang maksimal.

2. Gunakan mangkuk (cup) kertas yang tipis, cup kertas yang tebal akan menghambat pemanasan dan menyebabkan muffin seringkali mentah pada bagian tengah.

3. Selalu mencampur bahan isi pada saat terakhir sesaat sebelum adonan dimasukkan ke dalam cetakan, agar isi tidak turun.

4. Panggang muffin pada kisaran suhu 180 derajat celsius. Lama waktu pemanggangan yang tepat untuk muffin adalah 45 menit.

5. Hias permukaan muffin dengan butter cream atau taburan gula halus agar muffin lebih menggugah selera.

Muffin Buah Campur

Bahan:

150 g tepung terigu protein sedang (cap segitiga biru)

2 butir telur

70 ml susu tawar cair

1 sdm margarin/mentega, cairkan

½ sdt baking powder

130 g gula pasir

¼ sdt pasta/bubuk vanili

¼ sdt garam halus

50 g sukade

50 g potongan manisan ceri

Cara Membuat:

1.  Campur tepung terigu dengan baking powder, sisihkan.

2. Di tempat terpisah, kocok telur, gula pasir, dan garam hingga mengembang. Masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu, aduk rata. Tuang susu tawar cair, vanili, dan margarin, aduk hingga rata.

3. Tuang adonan ke dalam cetakan muffin yang sudah dialasi dengan cup kertas. Tuang adonan, taburi atasnya dengan potongan sukade dan buah ceri. Atur adonan di dalam loyang.

4.  Panggang di dalam oven bertemperatur 180 derajat celsius selama 30 menit atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat. Sajikan.

Untuk 5 buah

Muffin Jeruk Mandarin

Bahan:

160 g tepung terigu protein sedang (cap segitiga biru)

2 butir telur

60 ml susu tawar cair

2 sdm margarin/mentega, cairkan

½ sdt baking powder

130 g gula pasir

¼ sdt pasta/bubuk vanili

¼ sdt garam halus

150 g selai jeruk

50 g sukade

60 g jeruk mandarin kalengan

Cara Membuat:

1. Aduk tepung terigu dengan baking powder, campur rata. Sisihkan.

2. Kocok telur, gula pasir, dan garam menggunakan mixer hingga mengembang. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk rata. Tuang susu tawar cair, sukade, vanili, dan margarin, aduk hingga rata.

3. Siapkan cetakan muffin yang telah dialas dengan cup kertas. Tuang adonan ke dalam cetakan muffin hingga setengah dari tinggi cetakan. Tambahkan satu sendok makan selai jeruk. Tutup dengan adonan muffin kembali bagian atas selai hingga cetakan penuh.

4.Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 180 derajat celsius selama 30 menit atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat. Tambahkan beberapa potong buah jeruk mandarin di atas muffin. Hidangkan.

Untuk 5 Porsi