Senin, April 25, 2022

RAHASIA SUKSES MEMBUAT KUE LAPIS - MENGAPA GAGAL MEMBUAT KUE LAPIS - MENGAPA KUE LAPIS KERAS DAN TIDAK TERBENTUK LAPISAN - ANEKA RESEP KUE LAPIS

RAHASIA MEMBUAT KUE LAPIS

Di sebut kue lapis karena bentuknya memang berlapis-lapis. Kue lapis yang baik harus terlihat jelas masing-masing lapisannya. Lapisan melekat dengan erat dan tidak terlepas saat dipotong. Simak kiat sukses membuat kue lapis berikut ini. Resep/teks/foto: Budi Sutomo.

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!



1. Lapisan kue lapis kurang bagus. Penyebab: Posisi loyang yang tidak sama ketinggiannya, adonan tidak diaduk terlebih dahulu ketika akan dituang ke lapisan berikutnya, atau adonan belum cukup keras ketika dituang lapisan berikutnya.

2. Kue lapis lengket dan susah dikeluarkan dari loyang. Penyebab: Loyang tidak diolesi dengan minyak terlebih dahulu, kue belum matang sempurna, atau adonan terlalu encer.

3. Lapisan kue terlepas. Penyebab: Saat menuang adonan, lapisan sebelumnya sudah terlalu matang dan keras. Sebaiknya menuang adonan dilakukan saat lapisan masih setengah matang, namun sudah mengental.

4. Kue lapis keras. Penyebab: Terlalu banyak tepung, kurang cairan atau santan, dan terlalu lama mengukus.

5. Hasil potongan tidak mulus. Penyebab: Pisau yang digunakan kurang tajam. Lapisi pisau dengan plastik dan olesi dengan minyak sebelum digunakan untuk memotong.

Lapis Beras

Bahan:

275 g tepung beras

1 lt santan kental

250 g gula pasir

60 g tepung kanji

1 sdm bubuk cokelat

1 lembar daun pandan, potong-potong

½ sdt garam halus

½ sdt pasta/bubuk vanili

½ sdt pewarna cokelat

Cara Membuat:

1. Rebus santan, daun pandan, gula pasir, vanili, dan garam. Masak sambil diaduk hingga mendidih. Angkat.

2. Campur tepung beras dan tepung kanji, aduk rata. Tuang rebusan santan hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga tercampur rata.

3. Bagi adonan menjadi dua bagian. Tambahkan pewarna cokelat dan cokelat bubuk dalam salah satu bagian. Aduk rata.

4. Panaskan loyang ukuran 20 x 20 cm yang telah diolesi dengan minyak. Tuang adonan putih hingga ketinggian ¼ cm. Kukus hingga mengeras. Tuang adonan cokelat, kukus kembali. Lakukan proses mengukus dan melapisi hingga adonan habis. Pada saat lapisan terakhir, kukus kue selama 30 menit atau hingga kue benar-benar matang. Angkat dan dinginkan.

5. Potong-potong kue dengan pisau tajam. Atur di atas piring saji. Hidangkan.

Untuk ± 22 potong

Tip:

Agar hasil potongan bagus, potong kue setelah kue dingin. Alasi tutup kukusan dengan serbet agar uap air tidak menetes dan membuat permukaan kue lapis tidak bagus.