Senin, April 25, 2022

RAHASIA KUE PASTEL RENYAH DAN BERONGGA - TIP ANTI GAGAL MEMBUAT KUE PASTEL -MENGAPA PASTEL TIDAK RENYAH DAN BERONGGA

RAHASIA PASTEL RENYAH DAN BERONGGA

Kue pastel yang baik ciri-cirinya antara lain kulit terasa renyah, bagian dalam berongga, dan kering di bagian luarnya. Berikut tip antigagal membuat kulit pastel renyah. Teks/foto/dapur uji: Budi Sutomo.

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!



1. Kulit pastel kurang renyah. Penyebab: Adonan terlalu tebal saat digiling, terlalu lama mengaduk dengan tangan hingga lemak mencair, atau minyak kurang banyak dan kurang panas saat menggoreng.

2. Isi terasa mentah. Penyebab: Bahan isi tidak ditumis hingga matang, atau api penggorengan terlalu besar sehingga kulit sudah matang namun isi masih mentah.

3. Isi kue pastel keluar. Penyebab: Isi terlalu banyak atau bentukan bagian tepi kurang rapi atau rapat.

4. Kue pastel tidak kembung. Penyebab: Terlalu banyak adonan yang digoreng bersamaan, minyak kurang banyak dan tidak panas, atau saat kue sudah matang adonan ditiriskan dengan cara ditumpuk.

 

Kue Pastel

Kulit:

400 g tepung terigu

1 butir telur

100 ml air

3 sdm margarin

½ sdt garam halus

Isi:

150 g daging ayam cincang

60 g wortel, potong dadu kecil

60 g soun, seduh air panas, tiriskan, potong-potong

1 batang daun bawang, iris halus

1 sdt gula pasir

1 buah cabe merah, iris halus

3 siung bawang putih, haluskan

2 siung bawang merah, haluskan

½ sdt garam halus

½ sdt lada halus

1 lt minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

1. Isi: Panaskan 3 sdm minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging ayam, aduk hingga daging berubah warna. Tambahkan cabe merah, wortel, soun, daun bawang, lada, garam, dan gula pasir. Masak hingga semua bahan matang. Angkat, dinginkan.

2. Kulit: Campur tepung, margarin, telur, dan garam, aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga tercampur rata.

3. Giling adonan adonan hingga ketebalan ¼ cm. Cetak bentuk bulat dengan diameter 8 cm.

4.  Ambil satu lembar kulit, beri satu sendok makan bahan isi ditengahnya. Lipat menjadi dua sehingga menjadi bentuk setengah lingkaran. Buat beberapa lipatan (wiru) di bagian tepinya sehingga berbiku-biku.

5.  Panaskan minyak, goreng pastel hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan dinginkan. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.

Untuk ± 15 buah