Selasa, April 19, 2022

FUNGSI DAN KEGUNAAN BAHAN PEMBERI AROMA, ESEN, PASTA AROMA, BUMBU SPEKUK, DAN RUM PADA PEMBUATAN CAKE, KUE DAN ROTI - FUNGSI DAN KEGUNAAN BAHAN KUE

Saat membuat kue, cake dan roti kadang diperlukan bahan pemberi aroma agar hasil kue lebih wangi dan menggugah selera makan. Yuk kenali aneka bahan pemberi aroma pada kue dan minuman. Teks/foto: Budi Sutomo.

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe! 

Aneka Pasta Pemberi Aroma

Di pasaran dijual aneka pasta, seperti pasta pandan, pasta vanili, pasta stroberi, pasta moka, pasta cokelat, dan lain sebagainya. Aneka pasta ini ditambahkan pada produk cake, kue atau minuman dengan tujuan meningkatkan cita rasa dan aroma lebih kuat. Seperti pada pembuatan cake cokelat, meskipun sudah menggunakan cokelat blok (padat) atau cokelat bubuk, dengan ditambahkan pasta cokelat maka warna akan lebih cokelat dan aroma cokelat lebih kuat. Penggunaannya cukup setengah sendok teh setiap 1 liter bahan cair atau 1 kilogram penggunaan tepung.

Aneka Esens (essence)

Esens adalah ekstrak dari aroma bahan makanan seperti vanili (vanilla), cokelat, moka, jeruk, stroberi, dan lainnya. Esens digunakan untuk menambah atau menguatkan aroma pada bahan cake, roti, kue, puding, maupun minuman. Bentuknya cair. Penggunaannya cukup 1 sendok teh setiap 1 liter cairan atau 1 kilogram penggunaan bahan tepung.

Rum

Rum biasanya digunakan sebagai bahan pemberi aroma cake, puding, minuman, atau saus pada hidangan penutup atau dessert. Bentuk rum adalah cairan berwarna agak kecokelatan. Rum seringkali mengandung alkohol, namun kadar alkoholnya rendah dan biasanya akan menguap ketika dipanaskan. Agar lebih aman, gunakan rum esens yang tidak mengandung alkohol. Di pasaran, rum dijual dengan merek dagang World Famous atau Rum Jamaica. Penggunaanya 1 sendok teh untuk setiap bahan cair atau 1 kilogram tepung.

Bumbu Spekuk

Bahan tambahan untuk kue ini sering juga disebut bumbu lapis legit. Fungsi bumbu spekuk adalah memberikan aroma yang wangi dan khas. Biasanya ditambahkan pada proses pembuatan cake, lapis legit, puding, dan kue-kue tradisional.

Bumbu ini berupa serbuk, terbuat dari campuran kayu manis bubuk, bubuk pala, bubuk cengkih, dan bubuk kapulaga. Biasa dijual di toko yang menjual aneka bahan kue. Gunakan 2 sendok teh setiap 500 gram berat tepung.