Minggu, Maret 13, 2022

RESEP NASI TIM - OLAHAN BERAS MERAH - MAKANAN BAYI - MAKANAN BALITA - MAKANAN BAYI PENDAMPING ASI - MPASI ANAK DAN BALITA

Balita memiliki  sistem pencernaan yang belum sempurna. Disisi lain anak memerlukan nutrisi gizi lengkap untuk pertumbuhanya. Diperlukan makanan yang sehat dan mudah dicerna. Resep/foto/dapur uji: Budi Sutomo.
Bagi anda yang ingin menonton video masak dari budiboga, bisa dilihat di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL


Tim Telur Beras Merah
 
Bahan:
4 sdm beras merah, cuci bersih
400 ml air atau kaldu daging
½ butir telur, kocok sebentar menggunakan garpu
1 sdm teri medan segar, cuci bersih
40 g buncis muda, iris halus
1 sdt bawang putih cincang
Cara Membuat:
1.     Rebus beras dengan kaldu atau air, masak hingga mendidih.
2.     Masukkan teri medan, kocokan telur, buncis, dan bawang putih cincang. Masak sambil sesekali diaduk-aduk hingga beras lunak dan kaldu terserap. Angkat.
3.     Tuang ke dalam pinggan tahan panas atau panci tim. Tim atau kukus selama 20 menit atau hingga tekstur beras benar-benar lembut. Angkat. Tuang ke dalam mangkuk saji. Hidangkan.
Untuk 2 Porsi
 
Beras Merah (Oryza nivara)

Seperti beras putih, beras merah juga merupakan sumber kalori dan karbohidrat yang baik untuk bayi. Beras merah juga kaya akan serat yang melindungi bayi dari ganguan pencernaan seperti sembelit. Meskipun dalam jumlah sedikit, beras merah juga mengandung protein, lemak, vitamin, dan mineral esensial. Setiap 100 g beras merah mengandung energi 353 kkal, protein 8.2 g, lemak 1.9 g, karbohidrat 75.7 g, kalsium 16 mg, dan fosfor 243 mg.