Kamis, Maret 03, 2022

RESEP MARTABAK TELUR ANTI GAGAL / MARTABAK ASIN ISI AYAM / MARTABAK TELUR ISI DAGING / JUALAN MARTABAK TELUR LARIS / KUMPULAN RESEP MARTABAK

Adonan kulit martabak asin bisa di isi dengan beragam bahan. Seperti telur, daging sapi, daging ayam atau udang. Berikut resep adonan dasar martabak asin dan resep martabak asin isi ayam. Resep/foto/dapur uji: Budi Sutomo

            Video masak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube budiboga officialyuk subcribe ! 


Adonan Dasar Martabak Asin

Bahan:

350 g tepung terigu tinggi protein (cap cakra kembar)

250 g air

50 g minyak goreng

½ sdt garam halus

400 ml minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

1.      Campur tepung terigu dan garam halus. Aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga tercampur rata. Tambahkan minyak, uleni kembali hingga adonan benar-benar kalis.

2.      Bagi adonan menjadi 7 bagian. Bulatkan. Rendam di dalam minyak goreng selama 2 jam.

3.      Tipiskan kulit martabak dengan gilingan atau dengan cara dilebarkan dengan melempar-lempar menggunakan kedua belah tangan. Lakukan hingga terbentuk adonan yang tipis dan trasnparan.

4.      Panaskan 2 sendok sayur minyak goreng di dalam wajan martabak atau wajan datar. Letakan kulit martabak, masukkan bahan isi.

5.      Lipat kulit martabak seperti melipat amplop atau hingga semua bagian isi tertutupi. Goreng sambil dibolak-balik higga isi matang dan kulit berwarna kuning kecoklatan. Angkat.

6.      Atur di datas piring saji. Hidangkan dengan saus pelengkap.

Untuk 7 Porsi

Tip: Jangan mengaduk atau menguleni adonan kulit ketika adonan sudah di rendam di dalam minyak karena bisa menyebabkan adonan mudah putus saat ditipiskan.

 

Martabak Ayam Special

 

Bahan Kulit:

1 resep adonan dasar martabak asin

 

Bahan Isi:

300 g daging ayam cincang

50 g keju cheddar, parut 

14 butir telur bebek, kocok lepas

100 g bawang bombay, cincang

100 g daun bawang, iris halus

50 g paprika merah, potong dadu  

60 g kentang, kukus, haluskan

100 ml susu tawar cair

7 siung bawang putih, cincang

1 sdt lada halus 

2 sdt garam halus 

1 sdt gula pasir 

2 sendok sayur minyak goreng

 

Cara Membuat: 

1.      Kulit: Lihat resep dasar martabak asin

2.      Tipiskan kulit martabak dengan gilingan atau dengan cara dilebarkan dengan melempar-lempar menggunakan kedua belah tangan. Lakukan hingga terbentuk adonan yang tipis dan trasparan.

3.      Isi: Panaskan dua sendok sayur minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan daging ayam cincang, aduk hingga daging ayam berubah warna. Tambahkan kentang, susu tawar cair, paprika, lada, garam, dan gula pasir. Masak hingga matang. Angkat, dinginkan. Tuang tumisan daging ayam dan keju ke dalam kocokan telur. Tambahkan  daun bawang dan bawang bombay. Aduk rata.

4.      Tuang dan panaskan 2 sendok sayur minyak goreng ke dalam wajan martabak atau wajan datar. Letakan kulit martabak, masukkan tiga sendok sayur bahan isi, ratakan.

5.      Lipat kulit martabak seperti melipat amplop atau hingga semua bagian isi tertutupi. Goreng sambil dibolak-balik higga isi matang dan kulit berwarna kuning kecoklatan. Angkat. 

6.      Potong-potong martabak, atur di datas piring saji atau di dalam box karton yang telah dialas dengan kertas minyak. Martabak ayam special siap disajikan atau dipasarkan.


Untuk 7 Buah

 

Tip: Menggoreng martabak haus sering dibolak-balik dan disiram-siram dengan minyak pada permukaan martabak, agar kulit matang merata dan bagian dalam martabak matang dengan sempurna.