Kamis, Maret 03, 2022

RESEP ANTI GAGAL MEMBUAT MARTABAK MANIS TANPA FERMENTASI / WIRAUSAHA MARTABAK MANIS / RESEP KUE TERANG BULAN ANTI GAGAL / JUALAN MARTABAK MANIS LARIS

Adonan dasar martabak manis bisa dibuat dengan metode fermentasi menggunakan ragi dan tidak menggunakan metode fermentasi yaitu menggunakan baking soda untuk membentuk pori-pori atau sarang martabak. Berikut resep martabak manis tanpa fermentasi. Resep/dapur uji/foto: Budi Sutomo.

Video masak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube budiboga officialyuk subcribe !  

Adonan Dasar Martabak Manis Klasik Tanpa Fermentasi Ragi

Bahan:                      

500 g tepung terigu protein sedang (cap segi tiga biru)

650 ml air

130 g gula pasir

2 butir telur ukuran sedang, kocok lepas

1 sdm susu bubuk

1 1/2 sdt baking soda/baking powder

½  sdt garam halus

¼ sdt vanili bubuk

Cara Membuat:

 

1.      Campur tepung terigu, susu bubuk, baking soda/baking powder, garam halus dan vanili bubuk. Aduk hingga tercampur rata.

2.      Masukkan kocokan telur, dan air sedikit demi sedikit sambil di uleni dan di kopyok-kopyok menggunakan tangan selama 10 menit atau mixer hingga adonan terasa ringan dan lemas.

3.      Diamkan adonan beristirahat selama 1 jam.

4.      Bagi adonan menjadi dua atau tiga bagian (sesuai besar kecilnya loyang yang digunakan). Tambahkan ½ sdt baking powder ke dalam masing-masing bagian adonan, aduk rata.

5.      Panaskan loyang martabak manis, tuang adonan martabak, ratakan. Panggang hingga permukaan martabak berlubang-lubang.

6.      Taburi bagian atas martabak dengan 1 sendok teh gula pasir. Tutup loyang martabak dan teruskan memanggang hingga kulit martabak benar-benar matang.

7.      Selagi panas, keluarkan martabak dari dalam cetakan dan olesi permukaanya dengan margarin. Taburi isi sesuai dengan selera.

Untuk 3 Loyang