Kamis, Maret 03, 2022

RAHASIA SUKSES MEMBUAT KUE MARTABAK MANIS DENGAN TEKNIK ADONAN FERMENTASI / RESEP ANTI GAGAL MEMBUAT MARTABAK MANIS / BISNIS KULIINER MARTABAK MANIS LARIS / KUMPULAN RESEP KUE TERANG BULAN

Adonan dasar kue martabak manis atau kue terang bulan bisa diolah dengan teknik adonan fermentasi dan tanpa fermentasi. Berikut resep dasar adonan martabak manis dengan fermentasi ragi. Aroma dan rasa adonan martabak manis dengan metode fermentasi memiliki aroma yang khas wangi ragi. Anda ingin membuatnya? berikut respenya untuk anda. Resep/foto/dapur uji: Budi Sutomo

            Video masak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube budiboga officialyuk subcribe ! 


Adonan Dasar Martabak Manis Fermentasi Ragi

Bahan:

500 g tepung terigu protein sedang (cap segi tiga biru)

650 ml air

150 g gula pasir

1 sendok makan margarin, lelehkan

1 butir telur ukuran sedang, kocok lepas

5 g ragi instan

1 sdm susu bubuk

1 sdt baking soda/baking powder

½  sdt garam halus

¼ sdt vanili bubuk

Cara Membuat:

1.      Campur tepung terigu, baking soda/baking powder, gula pasir, susu bubuk, vanili bubuk, ragi instan dan garam. Aduk rata.

2.      Masukkan telur dan air sedikit demi sedikit sambil diuleni dan di kopyok dengan tangan selama 10 menit atau di mixer kecepatan sedang hingga adonan terasa ringan.

3.      Tambahkan margarin, aduk rata.

4.      Diamkan adonan beristirahat selama 60 menit di tempat yang hangat atau hingga permukaan adonan berbusa. Bagi adonan menjadi 3 bagian.

5.      Panaskan loyang martabak manis. Aduk rata adonan dan tuang ke dalam loyang martabak yang telah dipanaskan. Panggang hingga permukaan adonan berlubang-lubang.

6.      Taburi atasnya dengan 1 sendok teh gula pasir. Tutup dan panggang hingga martabak manis benar-benar matang.

7.      Keluarkan martabak dari cetakan, olesi permukaanya dengan 1 sendok makan margarin.

8.      Kulit martabak manis siap diisi sesuai selera.

Untuk 3 Loyang

Tip: Adonan martabak manis fermentasi ragi akan menurun kualitasnya jika didiamkan melebihi 2 jam, seperti cita rasa menjadi terlalu asam, aroma ragi terlalu kuat dan over pengembangan sehingga pori-pori tidak bisa terbentuk dengan baik. Gunakan segera ketika adonan telah selesai masa fermentasi.

Martabak Isi Cokelat Wijen

Bahan Kulit:

1 resep adonan martabak manis fermentasi ragi

Bahan Isi:

100 g meises cokelat

50 g wijen sangrai

100 ml susu kental manis

Olesan:

60 g margarin atau mentega

Taburan:

50 g gula pasir

Cara Membuat:

1.      Kulit: lihat  resep adonan martabak manis fermentasi ragi.

2.      Panaskan loyang martabak manis. Aduk rata adonan dan tuang ke dalam loyang martabak yang telah dipanaskan. Panggang hingga permukaan adonan berlubang-lubang.

3.      Taburi atasnya dengan 1 sendok teh gula pasir. Tutup dan panggang hingga martabak manis benar-benar matang.

4.      Keluarkan martabak dari cetakan, olesi permukaanya dengan 1 sendok makan margarin/mentega.

5.      Taburi permukaan martabak dengan cokelat meises dan biji wijen sangrai. Tuang susu kental manis merata diseluruh permukaan bahan isi.

6.      Potong martabak menjadi dua bagian dan tutupkan sehingga isi tepat berada ditengah. Olesi permukaan kulit martabak dengan margarin.

7.      Potong-potong martabak. Atur di dalam piring saji atau box kertas kemasan yang telah dialas dengan kertas minyak. Martabak isi cokelat wijen siap dipasarkan/disajikan.

Untuk 3 Loyang

Tip: Agar isi menatu dengan kulit, mengisi martabak sebaiknya dilakukan saat martabak dalam keadaan panas. Wijen harus disangrai terlebih dahulu agar aroma harum.