Minggu, Februari 20, 2022

WISATA RELIGI DUBAI DAN ABU DHABI - MASJID SHEIKH ZAYED - MASJID AGUNG KEBANGGAAN ABU DHABI - WISATA RAMADHAN - WISATA ZIARAH

 Masjid Sheikh Zayed

MASJID AGUNG KEBANGGAAN ABU DHABI

Mengunjungi Abu Dhabi,  ib kota Kerajaan Uni Emirat Arab (UEA) tidak lengkap jika tidak mampir ke Masjid Agung Sheikh Zayed. Masjid berararsitektur perpaduan   Mughal ( India, Pakistan, India),  Mooris (Maroko), dan Eropa.  Didominasi dengan warna putih dari batu pualam. Kesan megah dan indah sangat terasa, dan masjid ini menjadi pusat ibadah umat muslim Abu Dhabi dan para wisatawan dari seluruh dunia.




Masjid Sheikh Zayed diresmikan pada tahun 2007. Masjid ini merupakan gagasan pendiri negara Uni Emirat Arab, yaitu Sheikh Zayed Al Nahyan. Pemimpin ini yang membawa UEA dari negara berkembang menjadi negara yang maju dan kaya. Karenanya, masjid diberi nama masjid Masjid Sheikh Zayed sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa beliau.

Masjid Tercantik di Dunia

Banyak masjid megah dan indah, namun tepat rasanya jika Masjid Sheikh Zayed menadapat julukan sebagai salah satu masjid tercantik di dunia.  Pemerintah  UEA sepertinya memang ingin memberikan kenyamanan yang terbaik untuk rakyatnya dalam menjalankan ibadah. Terbukti dengan bangunan masjid yang dibuat dari material pilihan serba terbaik. Seperti ubin masjid didatangkan dari Turki, Karpet wol dari Selanida Baru, dan hiasan Kristal dari Jerman.

Kubah masjid Masjid Sheikh Zayed terdiri dari 82 kubah. Semuanya dihiasi dengan batu pualam berwarna putih dari Italia. Tata cahaya di d alam dan di luar masjid diperhitungkan dengan sangat detail oleh Arsitek tata cahaya, Jonathon Speirs dan Majo. Tata cahaya yang baik, menjadikan masjid ini terlihat sangat indah, apalagi jika malam hari.

Memasuki bagian dalam masjid rancangan impresif menghiasi sisi dalam masjid. Ornamen bertema floral di ruang utama dan sisi luar masjid dihiasi dengan mozaik kaca emas. Sentuhan permadani terasa lembut saat diinjak. Ventilasi juga sangat baik sehingga udara dingin dan sejuk sangat kontras dengan udara panas di luar masjid.

Halaman utama masjidpun tidak luput dari tata ruang yang baik. Beragam tanaman seperti pohon kurma tumbuh subur memberi hawa sejuk. Apalagi kolam luas dibangun di sekitar masjid. Sungguh karya paripurna yang mengagumkan.

Fasilitas Super Lengkap

Fungsi utama masjid tentu saja untuk tempat ibadah seperti sholat berjamaah. Ukuran masjid seluas 22.412 meter persegi itu setara dengan lima lapangan sepakbola dan dapat menampung 40.960 jemaah sekaligus terdiri dari 7126 di ruang utama, 1960 di ruang sholat terbuka, 980 di ruang sholat wanita, 22.729 di area Sahan (Courtyard / pelataran tengah), 682 di selasar ruang utama dan 784 di selasar pintu masuk utama.

Masjid juga dilengkapi perpustakaan yang terletak di sisi utara menara masjid. Perpustakaan ini sangat lengkap berisikan buku yang terkait dengan Agama Islam baik berbahasa Inggris, Arab, Prancis, Jerman, bahkan Korea.  Tidak hanya buku terbitan terbaru, koleksi buku kuno yang diterbitkan 200 tahun yang lalu juga masih terawat dengan baik di majid ini.

Kemegahan arsitektur masjid Agung Sheikh Zayed sudah termashur seantero jagad. Tidak hanya kaum muslim yang mengunjungi masjid ini. Tokoh dan selebriti dunia juga menyempatkan mampir ke masjid ini jika berkunjung ke Abu Dabhi. Seperti yang belum lama berselang, Rihanna si pelantun lagu 'Umbrela' juga mampir ke masjid agung dalam lawatannya ke Abu Dabhi. Anda penasaran ingin melihat langsung kecantikan arsitektur masjid Agung Sheikh Zayed? Selamat Berlibur! Teks/foto: Budi Sutomo.