Minggu, Februari 20, 2022

TIP MENGOLAH STEAK YANG BENAR - RAHASIA STEAK LEZAT - ANEKA JENIS STEAK - RESEP SAUS STEAK - JENIS-JENIS POTONGAN DAGING STEAK POPULER

 Tip Mengolah Steak yang Benar

Steak adalah masakan berupa potongan daging berbumbu dengan berat 200-250 gram. Steak biasanya dimasak dengan steak pan. Masakan ini lazimnya terbuat dari daging dan dilengkapi dengan saus pelengkap. Steak disajikan sebagai hidangan utama (main course) yang dilengkapi dengan makanan pendamping (side dish) berupa olahan kentang, pasta, atau sayuran.


1.      Tingkat Kematangan Steak

Very Rare: Untuk 225 gram daging dimasak 2 menit setiap sisinya. Pada tingkat ini, bagian luar daging berubah warna, sedangkan bagian dalamnya masih mentah dan merah.

Rare: Untuk setiap 225 gram daging dimasak 3 menit setiap sisinya. Warna permukaan merah muda, sedang di dalamnya mentah.

Medium: Untuk 225 gram daging dimasak 5 menit setiap sisinya. Bagian luar berwarna kecokelatan, dan dalamnya merah muda hampir matang.

Well Done: Untuk 225 gram daging dimasak 15 menit setiap sisinya sampai daging matang. Untuk penggemar steak, tingkat kematangan ini tidak disarankan sebab daging kehilangan rasa gurihnya.

2.      Tip Mengolah Steak

Agar hasil steak maksimal, simak tip berikut:

a. Steak pan untuk memanggang sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk memasak. Wajan yang panas akan membuat pori-pori daging segera tertutup dan cairan daging tidak banyak yang keluar.

b.      Apapun dagingnya, usahakan memotong dengan arah melawan serat daging agar daging tidak liat.

c.       Jika steak disajikan dalam bentuk potongan besar, rendam dalam bumbu lebih lama agar bumbu meresap dan beri pengempuk daging (serbuk papain) agar tekstur daging tidak liat.

d.      Pilih daging bagian terlunak seperti tenderloin (fillet atau has dalam) atau sirloin (has luar), agar hasil steak maksimal.

e.       Jangan pernah memasak steak terlalu lama karena tekstur daging akan liat dan rasa manis khas daging menjadi hilang.

f.       Layukan daging dalam kulkas selama semalam agar tekstur daging lebih empuk.

g.      Sebelum dipanggang steak harus dibumbui terlebih dahulu (marinate) selama sekitar 30 menit agar bumbu meresap dan steak menjadi lebih lezat.

h.      Jangan menambahkan garam pada bumbu perendam. Merendam daging dengan garam terlalu lama akan mengeluarkan cairan di dalam daging sehingga cita rasa daging menjadi kurang lezat. Garam cukup ditaburkan beberapa saat sebelum steak dipanggang.

i.        Saus steak banyak sekali ragamnya. Steak daging lazimnya disajikan dengan brown sauce (gravy) dan white sauce seperti bechamel sauce atau bernaise sauce. Brown sauce bisa ditambahkan jamur menjadi mushroom sauce. Untuk steak ikan lebih cocok disajikan dengan cheese sauce atau tartar sauce. Saus paling umum digunakan sebagai pelengkap steak sapi adalah brown sauce.

j.        Steak paling cocok disajikan dengan pelengkap hidangan kentang dan sayuran dalam kondisi panas. Teks/foto: Budi Sutomo