Kamis, Februari 17, 2022

RESEP KUE LAPIS BERAS / KUMPULAN RESEP JAJAN PASAR / ANEKA RESEP KUE TRADISIONAL / JAJANAN POPULER LARIS DIJUAL

Kue tradisional tidak lekang dimakan zaman, seperti kue lapis beras, jajanan ini masih menjadi salah satu menu favorit. Anda ingin membuat kue lapis beras yang manis, legit dan wangi pandan? berikut resepnya untuk anda. Resep/foto/dapur uji: Budi Sutomo

Video masakan dari budiboga bisa ditonton di channel youtube budiboga official



Kue Lapis Beras
 
Bahan:
400 g tepung beras
200 g tepung kanji
1500 ml santan dari 2 butir kelapa
500 g gula pasir
2 lembar daun pandan.
½ sdt garam halus
½ sdt vanili
½ sdt pewarna merah muda
½ sdt pewarna hijau
Cara Membuat:
1. Rebus santan, gula pasir, daun pandan, vanili, dan garam. Masak sambil diaduk hingga mendidih. Angkat, saring.
2. Campur tepung beras dan tepung kanji, aduk rata. Tuang santan hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga terbentuk adonan yang licin.
3. Bagi adonan menjadi tiga bagian. Tambahkan pewarna merah dan hijau, aduk rata. Biarkan tetap berwarna putih pada bagian yang lainnya.
4. Panaskan loyang ukuran 22 x22 x 5 cm. Olesi dengan minyak dan alasi plastik.
5. Tuang tiga sendok syur adona putih, kukus selama 5 menit atau hingga adonan mengeras. Tuang adonan merah di atasnya, kukus kembali hingga mengeras. Kemudian tuang adonan hijau. Lakukan proses pelapisan ini secara selang-seling hingga adonan habis.
6. Setelah loyang penuh, kukus lagi selama 50 menit atau hingga kue benar-benar matang. Angkat, dinginkan. Potong-potong, atur di atas pinggan. Sajikan.
Untuk ± 20 potong
 
Tip: Agar lapisan kue tidak saling lepas saat di potong, proses melapisi kue sebaiknya saat adonan sebelumnya belum matang benar. Kukusan sebaiknya ditutup dengan kain agar uap air tidak menetes kepermukaan kue yang dapat merusak warna dan penampilan.