Rabu, Februari 23, 2022

RESEP KUE BAKPAU ISI KACANG MERAH / RESEP MEMBUAT BAKPAU ANTI GAGAL / ANEKA RESEP KUE TRADISIONAL POPULER / KUA LARIS DIJUAL / USAHA BAKPAU RUMAHAN

Pada prinsipnya kue bakpau adalah roti dengan teknik pengolahan di kukus. Aroma wangi ragi khas adonan fermentasi sangat terasa lembut dengan isi kacang merah. Anda ingin membuat bakpau sendiri di rumah? Berikut resepnya untuk anda. Resep/Foto/Dapur Uji: Budi Sutomo.

Video masak dari budiboga bisa di tonton di channel youtub budiboga official, yuk subcribe!


 

Bakpau

 Bahan Kulit:

500 g tepung terigu protein sedang

11 g ragi instan

60 g gula halus

60 g mentega putih

500 ml air

2 sdt baking powder

½ sdt garam halus

Bahan Isi:

250 g kacang merah kalengan, haluskan

150 g gula halus

½ sdt vanili bubuk

¼ sdt garam halus

3 sdm susu kental manis

1 sdm margarin

150 ml susu tawar cair

Cara Membuat:

1.     Kulit: Campur tepung terigu, ragi instan, baking powder, gula dan garam, aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga tercampur rata. Tambahkan mentega putih, uleni kembali hingga terbentuk adonan yang kalis dan elastis. Bulatkan adonan, masukkan dalam kom adonan, tutup. Diamkan adonan selama 1 jam atau hingga adonan mengembang 2 kali lipat. Kempeskan adonan, bagi masing-masing 25 gr, bentuk menjadi bulatan-bulatan. Sisihkan.

2.     Isi: Campur semua bahan isi, aduk rata. Masak sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih, matang dan kental. Angkat. Dinginkan.

3.     Penyelesaian: ambil satu bulatan adonan, isi dengan ½ sendok makan bahan isi, bulatkan kembali. Letakan adonan yang telah diisi di atas kertas roti. Lakukan hingga habis. Diamkan kembali adonan selama 30 menit.

4.     Panaskan kukusan, kukus adonan di atas api besar selama 10 menit atau hingga kue matang dan mengembang. Angkat, dinginkan. Sajikan.

Untuk ± 50 Buah

 Tip: Jangan membuka tutup kukusan sebelum kue matang karena permukaan kue akan turun dan berkerut.  Mengukus terlalu lama juga akan membuat permukaan kue berkerut. Isi bisa diganti dengan kumbu kacang hijau atau tumisan ayam cincang.