Minggu, Februari 27, 2022

RESEP BAKSO AYAM KENYAL BERSERAT HALUS / KUMPULAN RESEP BAKSO / RESEP BAKSO LARIS DIJUAL / JUALAN BAKSO ONLINE

Daging ayam memiliki tekstur daging yang lunak, sangat cocok diolah menjadi bahan baku bakso. Resep berikut menghasilkan bakso ayam yang kenyal dan berserat halus. Resep/foto/dapur uji. Budi Sutomo.

Video masak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube budiboga official, yuk subcribe !


Bakso Ayam

 Bahan:

1000 g(1 kg) fillet daging ayam

100 g tepung tapioka/kanji

2 butir putih telur kocok

100 g serutan es batu

25 g garam dapur halus

10 g (2 sdt) gula pasir

20 g (2-3 siung) bawang putih, haluskan

20 g (2-3 siung) bawang merah, haluskan

5 g (1 sdt) lada halus

5 g (1 sdt) vetsin

1 g Natrium Polifosfat

1 sdt air jeruk nipis/air asam jawa

25 ml Hidrogen Peroksida 30%

Cara Membuat:

1.        Cuci fillet daging ayam di dalam larutan air yang telah dicampur dengan garam dan air jeruk nipis. Tiriskan. Potong-potong fillet ayam menjadi ukuran ½ x ½ cm.

2.        Tuang potongan fillet ayam ke dalam mesin penggiling daging atau food processor. Tambahkan serutan es batu, garam dan gula pasir. Giling hingga potongan fillet ayam lumat dan teksturnya lembut. Angkat, sisihkan.

3.        Masukan daging giling ke dalam kom adonan atau mesin pengaduk daging (meat stirer). Tambahkan tepung tapioka, putih telur, bawang merah, bawang putih, lada, vetsin, Natrium Polifosfat, dan Natrium Benzoat. Aduk/uleni/tumbuk adonan bakso selama 5 menit atau hingga adonan tercampur rata dan kalis.

4.        Siapkan plastik, masukkan adonan bakso ayam ke dalam kantung plasik. Genggam palstik dengan erat di tangan kiri, tekan sehingga adonan keluar dari genggaman. Ambil dengan sendok. Usahakan bentuknya menjadi bulat.

5.        Masukkan adonan bakso ayam yang telah dibentuk ke dalam air mendidih. Rebus selama 15 menit atau hingga bakso matang dan terapung. Angkat. Tiriskan.

6.        Celupkan bakso ke dalam larutan Hidrogen Peroksida (H2O2) konsentrasi 30% yang telah dilarutkan dalam 250 ml air. Rendam bakso beberapa detik, angkat. Cuci bersih bakso dengan air dingin matang. Tiriskan hingga bakso dingin.

7.        Kemas bakso ayam dengan kemasan sesuai kebutuhan. Simpan di dalam bok berpendingin/freezer dan bakso siap dipasarkan.

Untuk 60 Butir Bakso Ayam

Tip: Pilih daging ayam broiler karena memiliki daging lebih tebal dibandingkan ayam kampung.